ide resep ikan lele

Lele, si ikan berkumis yang hidup di air keruh ini seringkali dianggap sebagai ikan yang kotor dan jorok. Anggapan tersebut menyebabkan banyak orang memilih untuk tidak mengonsumsi olahan ikan lele tersebut.. Padahal, ada banyak manfaat ikan lele yang baik bagi kesehatan tubuh karena kaya akan lemak, protein, vitamin B dan D, magnesium, zat besi, serta kalsium. Kandungan kalori pada Ikan Lele juga rendah, lho.

Tips Mengolah Ikan Lele

Untuk dapat menikmati manfaat dari ikan lele, kuncinya terletak pada pengolahan yang tepat. Berikut cara mengolah ikan lele yang bisa Anda lakukan:

Bersihkan di Bawah Air Mengalir

Mulailah dengan membersihkan lendir yang menempel pada kulit ikan lele. Lalu, belah ikan lele dari kepala hingga ke ekornya dan bersihkan kotoran di dalamnya.

Hilangkan Bau Amis 

Sebelum membuat olahan ikan lele, terlebih dahulu lumuri dengan larutan asam atau air perasan jeruk nipis. Jika memiliki cukup banyak bahan dapur, Anda bisa merendam ikan lele dengan air berisikan bawang putih, ketumbar, garam, jahe, dan kunyit. Diamkan beberapa saat hingga bau amis hilang.

Sayat Bagian Tubuh

Agar bumbu masakan meresap sempurna, tubuh ikan lele perlu diberi sayatan. Tidak ada acuan ukuran sayatan, sesuaikan saja dengan ukuran ikan ikan Anda.

Teknik Memasak Lele yang Tepat

Ikan lele kurang cocok untuk dimasak dengan bumbu, karena dagingnya bisa jadi terlalu lembek. Akan lebih enak jika digoreng atau dibakar. Gorenglah ikan lele di rendaman minyak panas. Namun jangan terlalu sering dibalik agar ikan lele tidak hancur.

Baca Juga: Dapat Untung Besar dengan Mulai Budidaya Ikan Lele!

Ide Olahan Ikan Lele

Sudah tahu cara mengolah Ikan Lele tapi masih butuh ide resep Ikan Lele? Tenang, kami punya rekomendasi olahan ikan lele yang lezat untuk Anda!

  • Pecel Lele
  • Lele Crispy
  • Lele Kremes
  • Lele Goreng Bumbu Bali
  • Ekado Ikan Lele

Anda bingung mencari ikan lele yang bagus untuk dijadikan olahan? Tenang! Karena ada eFresh, tempat dimana Anda bisa mendapatkan ikan lele segar langsung dari para pembudidaya! Cari tahu lebih lanjut mengenai eFresh!

Related Post