cara pemijahan ikan mas

Cara pemijahan ikan mas yang tepat menjadi kunci sukses dalam budidaya. Dengan pemijahan, Bapak/Ibu dapat memangkas biaya operasional dalam budidaya ikan dan menyeleksi bibit ikan mas unggul.

Lalu apa itu pemijahan? Buat Bapak/Ibu yang masih asing dengan kata pemijahan, pemijahan merupakan proses perkawinan ikan jantan dan betina sehingga menghasilkan benih ikan baru.

Pemijahan ikan mas bertujuan untuk menghasilkan benih ikan mas unggul yang punya nilai ekonomis dan menghasilkan calon indukan baru yang berkualitas. Benih hasil pemijahan ini dapat Bapak/Ibu besarkan maupun dijual ke Pembudidaya pembesaran ikan.

Pemijahan dibagi menjadi dua jenis yaitu pemijahan secara alami dan pemijahan buatan. Namun diantara keduanya, pemijahan alami banyak diterapkan oleh Pembudidaya karena prosesnya relatif mudah dan keberhasilannya juga tinggi.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai pemijahan, dimulai dari pemilihan induk, langkah pemijahan yang tepat, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemijahan. Yuk simak!

2 Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina

Sebelum Bapak/Ibu memulai pemijahan ikan mas, pertama-tama harus bisa membedakan ikan mas jantan dan betina. Berikut perbedaanya.

1. Bentuk Tubuh Ikan 

Tubuh ikan mas jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup jelas. Ikan mas jantan memiliki tubuh yang ramping dan pergerakannya cepat. Sedangkan ikan mas betina memiliki tubuh yang besar dan perutnya membulat.

2. Warna Cairannya

Jika Bapak/Ibu memijat perut ikan mas ke bawah menuju alat kelaminnya, maka ikan akan mengeluarkan cairan. Jika cairannya berwarna kuning merupakan jenis betina. Sedangkan jika warnanya putih berarti sperma dari ikan mas jantan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Lele Jantan dan Betina? Cek di Sini!

Tips Memilih Indukan Mas yang Sudah Matang

Ketika ingin memijah ikan mas Bapak/Ibu harus memastikan agar indukan ikan mas yang dipilih sudah matang. Selain itu, Bapak/Ibu juga perlu menyeleksi ikan yang secara keseluruhan mulus dan tidak cacat. Sisiknya juga tersusun rapi berwarna cerah dan tidak kusam.

Berikut kriteria yang perlu Bapak/Ibu perhatikan ketika memilih ikan mas jantan dan betina.

1. Kriteria Ikan Mas Jantan

Jantan memiliki umur minimum 8 bulan dengan berat kurang lebih 0.5 kg/ekor. Tubuhnya langsing dan tidak berlemak. Ketika dipijat perutnya mengeluarkan cairan kental berwarna putih susu. 

2. Kriteria Ikan Mas Betina

Betina memiliki umur 1,5-2 tahun dengan berat sebesar 2 kg/ekornya. Jika distiping mengeluarkan cairan berwarna kuning. Pada bagian perutnya membesar dan ketika ditekan terasa lunak.

Baca Juga: Mau Mulai Budidaya Ikan Mas? Cek Artikel Ini!

4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pemijahan Ikan Mas

Sebelum memulai proses pemijahan ikan mas, ada beberapa hal yang Bapak/Ibu perlu perhatikan agar meraih kesuksesan.

1. Kolam Pemijahan

Pastikan kolam tidak berlumpur dan bercadas. Air kolam juga tidak keruh dengan kadar oksigen, dan debit air yang cukup, serta suhu kolam optimal yaitu 25 derajat celcius.

2. Tempat Menempel Telur

Bapak/Ibu juga perlu menyediakan tempat menempelnya telur pada kolam pemijahan. Hal ini akan memudahkan Bapak/Ibu dalam proses pemanenan telur. 

3. Luas Kolam Pemijahan

Luas kolam menjadi faktor penting kesuksesan dalam proses pemijahan ikan mas. Bapak/Ibu harus memperhatikan jumlah ikan mas dan ketersediaan luas kolam. Seekor induk dengan berat 1 kg memerlukan kolam seluas 6m2.

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan secara teratur sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari dengan takaran 2-4% dari berat induk. Pastikan juga pakan yang diberikan bernutrisi tinggi dengan kandungan protein sebesar 25%.

Baca Juga: 6 Cara Pemijahan Ikan Gurame yang Mudah dan Pasti Sukses!

4 Cara Pemijahan Ikan Mas agar Sukses

Ada beberapa cara yang Bapak/Ibu harus lakukan agar pemijahan ikan mas dapat sukses. Ini kami rangkum 4 cara pemijahan ikan mas.

1. Pemberokan Indukan Mas

Pemberokan merupakan pemeliharan indukan ikan mas jantan dan betina yang telah dipilih pada kolam khusus. Indukan selanjutnya tidak diberikan makanan selama 1-2 hari untuk menghilangkan lemak pada kantung telur. Selain itu, untuk mencegah induk memijah sebelum waktunya

2. Persiapan Kolam

Cara pemijahan ikan mas yang pertama yaitu dengan mempersiapkan kolam. Di antara beberapa jenis kolam, Bapak/Ibu dapat memilih kolam tanah untuk tempat pemijahan. Untuk persiapannya, cukup lakukan penjemuran kolam, pengolahan tanah, pengapuran, dan pengairan.

Selanjutnya Bapak/Ibu perlu menentukan jumlah ikan yang akan dipijahkan. Setiap indukan betina memijah membutuhkan lahan sebesar 6 m2 per kg bobot tubuhnya, dengan kedalaman air 60-80 cm. Jadi jika Bapak/Ibu ingin mengisi 10 indukan, maka diperlukan kolam seluas 60m2.

Bapak/Ibu juga perlu membuat kakaban sebagai tempat ikan mas untuk meletakkan telurnya. Kakaban ijuk dipasang melayang sekitar 10-15 cm di bawah permukaan air. Kakaban tersebut perlu diikat pada patok yang kuat agar tidak bergeser saat pemijahan.

3. Proses Pemijahan

Indukan jantan dan betina dimasukkan ke dalam kolam pemijahan dengan perbandingan jantan:betina yaitu 1:2. Kedua jenis indukan ini dapat Bapak/Ibu masukkan pada pukul 16.00-17.00. Indukan akan memijah pada pukul 01.00-06.00 yang ditandai dengan ikan yang saling berkejaran dan bau amis pada kolam.

4. Penetasan Telur Ikan Mas

Keesokan harinya saat proses pemijahan selesai, pindahkan kakaban yang sudah dipenuhi telur ke kolam penetasan. Penetasan telur pemijahan ikan mas dapat dilakukan pada bak semen, kolam terpal, dan akuarium. 

Suhu ideal untuk telur menetas yaitu berkisar antara 28-30 derajat celcius selama 1-3 hari. Larva juga tidak langsung diberikan pakan karena larva masih membawa nutrisi dari kuning telur.

Proses ini memakan waktu selama satu minggu hingga ukuran larva mencapai 1-2 cm. Saat proses ini larva dapat diberikan pakan dari kuning telur yang telah direbus.

Baca Juga: Cara Pemijahan Ikan Lele agar Sukses Panen Berlimpah!

Pelajari Lebih Dalam Cara Pemijahan Ikan Mas di eFisheryKu!

efisheryku

Cara pemijahan merupakan hal yang penting dikuasai oleh setiap Pembudidaya ikan mas, karena hal ini dapat membantu pengembangan bisnis Bapak/Ibu. Apalagi Bapak/Ibu dapat mengembakan benih ikan mas yang unggul.

Dengan adanya bibit unggul, proses pembudidayaan ikan mas Bapak/Ibu pun dapat lebih mudah dan cepat. Ikan mas dari benih yang unggul akan memberikan keuntungan secara ekonomis dan efisiensi bagi Pembudidaya.

Maka Bapak/Ibu perlu memperdalam ilmu dalam pemijahan ikan mas agar dapat mempraktekkannya dengan tepat dan sukses. Nah cara mudah untuk mempelajari pemijahan ikan mas yaitu dengan eFisheryKu!

eFisheryKu menyediakan berbagai materi video dan artikel pembelajaran lengkap cara pemijahan ikan mas. Dengan aplikasi tersebut Bapak/Ibu dapat memperdalam teknik pemijahan dengan mudah dan cepat.

Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi eFisheryKu di Google Play Store sekarang juga!

Related Post