probiotik ikan lele

Probiotik ikan lele merupakan jenis pakan tambahan dengan kandungan mikroorganisme baik yang berguna untuk memperbaiki kualitas hidup ikan. Kombinasi pemberian probiotik dengan pakan buatan mampu menjaga ikan untuk tetap sehat. Biasanya ikan lele yang diberikan probiotik mempunyai daging yang lebih padat, lezat, dan kaya akan nutrisi. Yuk, cari tahu info lengkap seputar probiotik di artikel ini!

Apa Itu Probiotik untuk Ikan Lele?

Probiotik adalah sekumpulan organisme yang dibuat dalam bentuk pakan pendukung alami tanpa adanya campur bahan kimia. Sebagai pakan pendukung, probiotik digunakan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan ikan lele sehingga Bapak/Ibu bisa mengurangi penggunaan pakan buatan.

Sebagai Pembudidaya ikan lele, Bapak/Ibu tentu mengetahui bahwa ikan lele mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi. Untuk mengurangi tingginya anggaran yang digunakan untuk membeli pakan buatan, pakan pendukung seperti probiotik ini sangat diperlukan. Belum lagi harga pakan yang semakin naik di tiap tahunnya. Hal ini bisa membuat Pembudidaya tidak memperoleh keuntungan secara maksimal.

Selain untuk menghemat biaya budidaya, probiotik juga bisa menjadi penetral air kolam karena terbuat dari bahan-bahan alami. Jika sudah bersifat netral, kolam akan lebih stabil untuk lele tumbuh dan berkembang. Probiotik akan berperan sebagai pengontrol mikroorganisme jahat yang ada pada kolam, sehingga kondisi lingkungan kolam bisa mendukung pertumbuhan mikroorganisme baik. Kolam yang sudah didominasi oleh mikroorganisme baik tersebut akan menjadi lebih nyaman bagi ikan untuk hidup.

Baca Juga: Cuan Banget! Ini Dia Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor!

Manfaat Penggunaan Probiotik Ikan Lele

Penggunaan probiotik sebagai pakan buatan memang sangat menguntungkan baik bagi Bapak/Ibu Pembudidaya, maupun bagi ikan lele. Seperti yang sudah kita ketahui, probiotik bisa menurunkan biaya produksi dan menetralkan air kolam. Yuk, ketahui manfaat lain probiotik bagi ikan lele!

1. Meningkatkan Kualitas Ikan Lele

Dibanding dengan pakan buatan, pakan probiotik lebih mampu meningkatkan kualitas daging lele. Hal ini bisa dilihat dari bobot ikan yang menjadi lebih padat setelah Bapak/Ibu menggunakan probiotik. Selain itu, daging ikan lele yang diberi pakan probiotik juga menjadi lebih kenyal, gurih, dan tidak mudah hancur saat diolah.

2. Memperkecil Risiko Serangan Penyakit dan Kematian Bibit Ikan Lele

Probiotik merupakan jenis pakan pendukung yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik. Kombinasi pemberian pakan probiotik mampu menjaga lele tetap sehat dan bisa menurunkan tingkat kematian lele hingga 2%.

3. Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ikan Lele

Biasanya jika kepadatan kolam semakin tinggi, maka laju pertumbuhan ikan akan menurun. Namun tidak jika Bapak/Ibu memberikan probiotik pada ikan lele. Adanya asupan pakan probiotik dan Azolla microphylla justru akan membuat laju pertumbuhan lele menjadi lebih meningkat karena adanya kandungan asam amino yang tinggi pada pakan.

Baca Juga: Cara Biar Panen Ikan Lele Cepat & Aman, Cek di Sini!

Cara Membuat Sendiri Probiotik Alami untuk Ikan Lele

Untuk mendapatkan probiotik, Bapak/Ibu bisa langsung membuatnya sendiri di rumah. Harga bahan-bahannya pun tidak mahal dan mudah dicari. Berikut adalah bahan yang dibutuhkan untuk membuat probiotik dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 10 kg dedak
  • 3 kg jagung giling
  • 1 kg tomat
  • 1 kg mentimun
  • 10 kg ubi jalar
  • 20 gr jahe, lengkuas, dan temulawak
  • 250 gr gula merah
  • 10 kg kepala udang atau ikan laut
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2.450 ml starter probiotik

Cara Membuat Probiotik:

  • Kukus ubi jalar hingga matang. Setelah dingin, haluskan ubi jalar hingga lembut.
  • Giling kepala udang atau ikan hingga halus.
  • Campurkan gilingan kepala ikan, ubi jalar halus, dan juga dedak. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Haluskan timun dan juga tomat dengan menggunakan blender. Masukkan kedua bahan yang sudah dihaluskan ke dalam wadah lalu tambahkan starter probiotik dan gula merah.
  • Tambahkan merica, bawang merah, jahe, temulawak, dan lengkuas, lalu aduk hingga merata.
  • Siram campuran tomat, timun, serta rempah-rempah yang sudah dihaluskan, lalu aduk hingga rata.
  • Selanjutnya, simpan adonan pada wadah tertutup di suhu ruangan. Diamkan hingga belatung atau maggot tumbuh dalam jumlah banyak. Jika sudah terdapat banyak maggot, probiotik siap diberikan untuk ikan lele.

Cari Tahu Lebih Banyak Tips Budidaya Ikan di eFisheryKu

Probiotik yang bisa dijadikan pakan tambahan ini akan sangat berguna bagi Bapak/Ibu yang ingin menghemat biaya budidaya. Namun, sebagai Pembudidaya, Bapak/Ibu harus memahami cara pembuatannya dengan betul agar probiotik tidak berbalik meracuni ikan lele. Untuk belajar lebih lanjut seputar budidaya ikan lele dan ikan lainnya, Bapak/Ibu bisa mengakses eFisheryKu!

eFisheryKu adalah aplikasi dari eFishery yang menjadi andalan Pembudidaya di Indonesia mulai dari awal siklus budidaya hingga panen. Salah satu fitur unggulan yang ada di aplikasi eFisheryKu adalah fitur Video Bimbingan untuk Pembudidaya, Cerita Budidaya, dan Kabar Budidaya. Melalui fitur tersebut, Bapak/Ibu bisa menonton video edukatif serta membaca artikel seputar bisnis dan budidaya ikan yang bisa menambah wawasan untuk mengembangkan budidaya.

Related Post