penyakit myo pada udang

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Myo pada Udang Vannamei

IMNV atau Infectious Myonecrosis Virus, yang juga sering disebut sebagai Myo, adalah salah satu penyakit pada udang yang paling ganas dan mematikan. Penyakit satu ini bisa menyebabkan kerugian yang besar bagi Pembudidaya Udang Vannamei jika tidak dicegah atau ditangani dengan tepat.

Sebelum mengambil langkah pencegahan atau penanganan, lebih baik Bapak/Ibu mengenal ciri-ciri penyakit yang berasal dari negara Brazil ini. 

penyakit myo

Penyakit Myo pada udang vaname, atau yang juga dikenal sebagai IMNV, disebabkan oleh virus dengan nama yang sama dengan penyakitnya, yaitu Infectious Myonecrosis Virus (IMV). Virus satu ini menyerang dan merusak jaringan otot lurik pada udang. Penyakit yang menyerang budidaya udang vaname ini baru bisa diamati pada udang yang sudah berumur 40-60 hari. Penyakit pada udang ini bisa menyebabkan kematian pada udang dalam 9-13 hari setelah udang terinfeksi.

Ada dua cara IMNV atau Myo bisa menular, salah satunya secara vertikal. Virusnya dapat ditularkan dari induk ke benur secara vertikal. Itulah mengapa sangat penting bagi Bapak/Ibu untuk memilih benur yang sehat dan tidak terjangkit IMNV.

Selain secara vertikal, Myo juga bisa menular secara horizontal, melalui kanibalisme atau air. Menurunnya kualitas air, terutama karena fluktuasi suhu, akan memicu pertumbuhan Myo. Sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam akan berubah menjadi amonia yang beracun, menyebabkan udang stres, mati, atau mudah terserang penyakit. 

Ciri-Ciri Penyakit Myo pada Udang 

Setelah mengenal penyakit Myo, yuk kita cek ciri-ciri penyakit Myo pada udang!

1. Warna Udang Jadi Pucat

Udang yang terkena penyakit IMNV akan berubah warna menjadi pucat dan kehilangan transparansinya. 

2. Muncul Warna Putih pada Otot 

Otot udang berubah warna menjadi putih seperti kapas. Selain itu, akan terlihat ada gumpalan putih di segmen-segmen tubuh udang yang terserang penyakit IMNV.

3. Abdomen hingga Ekor Memerah

Salah satu ciri penyakit IMNV yang paling terlihat adalah munculnya warna merah muda atau jaringan yang terlihat sudah mati pada bagian ekor. Warnanya mirip dengan udang rebus.

4. Kram pada Jaringan Otot

Jaringan otot udang adalah jaringan yang diserang oleh virus Myo. Salah satu dampaknya adalah jaringan otot akan kram dan gerakan udang akan terganggu.

5. Ukuran Hepatopankreas Mengecil

Hepatopankreas, atau bagian perut udang di dekat kepalanya, akan mengecil karena infeksi virus ini. 

Cara Mengatasi Penyakit Myo

Penyakit Myo sangat mudah ditangani ketika masih tahap awal infeksi, yaitu ketika udang baru saja mulai berwarna pucat dan memerah di bagian ruas bawah hingga perut. 

Ini dia cara mengatasi penyakit myo pada udang vaname!

  • Menjaga kestabilan kualitas air, terutama suhu, salinitas, dan pH.
  • Meningkatkan aerasi.
  • Memberikan pakan tambahan yang mengandung vitamin C.
  • Memberikan molase (25% dari FR/hari)/probiotik.
  • Mengurangi/menghentikan pakan sementara.

Untuk saat ini, belum ada vaksinasi yang efektif melawan IMNV. Namun, penyakit pada udang ini bisa dicegah dengan biosekuriti yang ketat. Salah satu langkah yang bisa Bapak/Ibu ambil adalah dengan memilih benur yang sudah terbukti bebas dari penyakit atau SPF (Specific Pathogen Free). Biasanya, benur yang bagus dan bebas penyakit memiliki sertifikat pengecekan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit Myo dan cara penanganannnya? Yuk cek video Belajar Budidaya di aplikasi pendukung budidaya udang dari eFishery, eFarm!

Related Post