kabayan bisnis ikan nila makin besar

Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) adalah layanan yang memberikan akses ke lembaga finansial khusus untuk Pembudidaya ikan air tawar di Indonesia. Kabayan dilatarbelakangi oleh banyaknya Pembudidaya yang keterbatasan dana akibat ketidakpastian kondisi bisnis dan hasil panen. Keterbatasan dana ini membuat Pembudidaya seringkali mengambil keputusan yang merugikan. Padahal, dengan adanya dukungan finansial untuk berbudidaya, Pembudidaya dapat mengembangkan bisnis ikan nila mereka dengan optimal.

Seperti yang dialami Pak H. Abdullah di Kabupaten Pangkajene. Demi mengatasi keterbatasan dana untuk membeli pakan, beliau terpaksa melakukan panen prematur. Hal tersebut dilakukan Pak H. Abdullah karena beliau sudah tidak lagi mempunyai modal untuk membeli pakan. 

“Kendala utamanya adalah pakan. Sampai-sampai terkadang belum saatnya panen, tetapi kita sudah harus panen karena kehabisan dana. Pinjam uang sana-sini tidak dapat dan hampir terlilit hutang. Tetapi dengan adanya eFishery, saya sudah lega sekarang,” ucap beliau.

Budidaya ikan nila yang sudah 20 tahun digelutinya seringkali mengalami kesulitan modal, terutama modal untuk membeli pakan. Pakan merupakan salah satu komponen yang paling banyak membutuhkan biaya dalam budidaya. Hasil panen kolamnya yang pada waktu itu hanya berjumlah 2 rupanya tidak bisa menutupi biaya pembelian pakan. 

Menurut Pak H. Abdullah, proses untuk mendapatkan Kabayan terbilang singkat, hanya kurang lebih 2 minggu. Kabayan sangat membantu kesulitan pakan yang dialami Pak H. Abdullah, terlebih pakan yang dipesan bisa langsung diantar ke kolam. Pakan yang diantar tersebut berasal dari agen pakan terdekat, sehingga pakan sampai ke tangan Pak H. Abdullah dengan cepat.

Pak H. Abdullah merasa sangat terbantu dengan adanya Kabayan karena bisnis ikan nila yang beliau miliki berkembang dengan pesat. Sebelum menggunakan layanan Kabayan, Pak H. Abdullah hanya mempunyai 2 petak kolam, sekarang kolamnya sudah berjumlah 4 dan akan bertambah lagi menjadi 6. Beliau berharap agar kedepannya makin banyak Pembudidaya ikan yang mengetahui Kabayan agar ruang gerak mereka tidak lagi dibatasi modal. 

Itulah cerita Pak H. Abdullah yang terbantu mengatasi panen ikan nila prematur berkat adanya Kabayan. Terima kasih sudah membaca dan klik link di bawah ini untuk daftar Kabayan, dan jadikan budidaya lebih mudah!

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.