makanan ikan mujair

Sahabat Pembudidaya yang ingin berbudidaya ikan mujair sebaiknya ketahui makanan ikan mujair supaya cepat besar. Ada dua jenis pakan yakni yang terbuat dari bahan alami dan buatan.

Ikan mujair tergolong sebagai salah satu ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia dan kaya akan protein tinggi yang dibutuhkan tubuh. 

Permintaan ikan mujair setiap tahunnya meningkat sejalan dengan banyaknya Pembudidaya ikan mujair baru. Tak sedikit juga yang memulai bisnis budidaya ikan mujair di rumah.

Agar ikan mujair memiliki bobot tubuh yang ideal untuk dipanen, Bapak/Ibu perlu mengetahui pakan ikan mujair agar cepat besar, komposisinya dan cara pemberian pakannya.

Makanan Ikan Mujair Supaya Cepat Besar 

Sebenarnya penyediaan pakan ikan mujair bisa dibilang ekonomis bisa juga memerlukan biaya khusus tergantung jenis pakannya. Ada dua jenis pakan ikan mujair, yakni pakan alami dan buatan. Berikut contoh pakan ikan mujair dari setiap jenisnya.

1. Dedak

Kandungan karbohidrat dan protein pada dedak cukup tinggi sehingga bagus direkomendasikan sebagai makanan ikan mujair supaya cepat besar. Terlebih bila Bapak/Ibu memberikan jenis pakan ini kepada benih ikan mujair atau ikan mujair yang masih kecil.

2. Daun Talas

Baik daun talas yang sudah tua maupun yang masih muda, keduanya bisa digunakan sebagai makanan ikan mujair. 

Bapak/Ibu perlu memotong cincang kasar daun talas terlebih dulu untuk kemudian disebar di kolam ikan mujair. Baiknya, daun talas diberikan rutin selama satu atau dua minggu sekali.

3. Kangkung

Siapa sangka bahwa kangkung bisa menjadi pakan ikan mujair agar cepat besar. Bapak/Ibu bisa memberikan kangkung yang sudah dicincang sebagai pakan untuk benih ikan mujair atau ikan mujair yang ukurannya masih kecil. 

Namun, sebelum dipotong cincang ada baiknya Bapak/Ibu mencuci kangkung terlebih dulu.

4. Lumut

Makanan ikan mujair alami selanjutnya yang bisa jadi pilihan Bapak/Ibu adalah lumut. Lumut tumbuh di area yang lembab di sekitar kolam ikan mujair. 

Meskipun bisa meningkatkan bobot tubuh ikan mujair, Bapak/Ibu tetap tidak boleh berlebih dalam memberikan pakan ikan mujair menggunakan lumut.

Pasalnya, terlalu banyak lumut di kolam ikan mujair justru bisa menurunkan kualitas air dan mengganggu pertumbuhan ikan mujair dengan sempurna.

5. Artemia

Artemia merupakan jenis ikan primitif yang bisa ditemui di pesisir pantai. Sama halnya dengan pakan ikan nila, artemia juga baik diberikan kepada ikan mujair sebagai makanan. 

Ukuran artemia hanya sebesar satu sampai dua centimeter dengan bobot tubuh 10 miligram namun memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan ikan mujair.

Artemia bisa menjadi makanan anakan ikan mujair karena mengandung kadar protein dan lemak yang tinggi.

6. Cacing Tanah

Pakan ikan mujair supaya cepat besar selanjutnya adalah cacing tanah. Cacing tanah mengandung banyak kadar protein dan lemak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan mujair. Bahkan, kandungan mineral pada cacing tanah mencapai 60 persen. 

Walaupun begitu, Bapak/Ibu bisa membedakan mana cacing tanah mana belatung putih. Tidak disarankan memberi pakan ikan mujair dengan belatung putih karena hewan tersebut justru mengandung banyak lemak dengan kadar yang tinggi dan bisa menghambat pertumbuhan ikan mujair.

7. Cacing Sutera

Cacing sutera juga baik untuk dijadikan makanan ikan mujair karena memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan cacing tanah. 

Cacing sutera bisa dijadikan pakan ikan mujair berukuran kecil atau masih anakan agar cepat bertumbuh besar. Namun, yang perlu digaris bawahi Bapak/Ibu harus memberikan pakan dengan rutin.

8. Nasi

Jangan buang sisa nasi, lebih baik sisihkan sisa nasi bekas Bapak/Ibu makan untuk dijadikan makanan ikan mujair. 

Namun, Bapak/Ibu perlu mencampur nasi dengan sisa makanan lainnya untuk dijadikan pelet ikan karena nasi hanya mengandung karbohidrat baik untuk ikan mujair tetapi tidak mengandung protein dan lemak.

9. Kayu Apu Dadak

Kayu apu dadak mengandung kadar protein yang cukup tinggi sehingga cocok dijadikan pakan ikan mujair agar cepat besar. Selain sebagai pakan, kayu apu dadak bisa difungsikan untuk mengolah limbah di dalam air atau sebagai pupuk organik untuk lahan persawahan.

10. Pisang

Pisang mengandung potasium yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan mujair. Tetapi Bapak/Ibu perlu memperhatikan saat memberikan pisang sebagai pakan ikan mujair. 

Sebab, pisang bisa membuat kolam ikan mujair mudah keruh dan kotor. Karenanya, sebaiknya memberikan makanan ikan mujair dengan pisang hanya sesekali.

11. Kecambah

Kecambah juga bisa dijadikan salah satu alternatif makanan ikan mujair yang bisa ditemukan di pasar tradisional. 

Cara pemberian pakan ikan mujair menggunakan kecambah ini, Bapak/Ibu perlu mencuci dan merebus terlebih dulu kecambah agar teksturnya jadi lebih lembut dan empuk.

12. Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau lain selain daun talas juga bisa dijadikan pakan ikan mujair agar cepat besar. Misalnya saja daun singkong. Apapun jenis tumbuhan hijaunya bisa dijadikan makanan ikan mujair supaya cepat besar.

13. Pelet Sayuran

Bapak/Ibu bisa membuat pakan ikan mujair buatan seperti pelet sayuran. Umumnya pelet sayuran ini berbahan dasar sayuran hijau yang dihancurkan dan dicampur dengan protein dan air.

Sumber protein ini juga bisa menyesuaikan kemampuan Bapak/Ibu bisa berupa makanan laut kering atau tepung ikan. Beri juga sedikit vitamin pada pelet sayuran menggunakan semolina atau minyak ikan. 

Cetak pelet tersebut dan potong menjadi bagian terkecil lalu dikeringkan. Pelet sayuran buatan ini bisa bertahan selama enam bulan di kulkas.

14. Pelet Cacing Tanah

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa cacing tanah merupakan pakan alami yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan mujair. 

Akan tetapi, cacing tanah juga bisa dijadikan pelet hanya dengan mencampurnya bersama terigu, dedak, tepung kanji, dan telur ayam agar pelet mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap.

15. Pelet Bekicot

Alternatif makanan ikan mujair buatan yang terakhir adalah bekicot. Campurkan bekicot dengan adonan dedak lainnya seperti ampas tahu, tepung kedelai, dan jagung giling.

Cara Pemberian Pakan Ikan Mujair yang Benar

Sementara itu, untuk memberikan makanan ikan mujair Bapak/Ibu perlu lebih cermat lagi agar tidak terlalu sering memberikan pakan atau tidak memberikan pakan dalam jumlah banyak dan membuat ikan mujair besar tak normal. 

Idealnya Bapak/Ibu bisa memberi pakan sebanyak tiga kali sehari yakni di pagi hari, siang hari, dan sore hari. Hindari memberi pakan di malam hari karena ikan mujair lebih suka berada di dasar kolam untuk beristirahat.

Adapun untuk takaran pakan atau peletnya sendiri kurang lebih satu sampai dua kilogram pelet untuk jumlah benih ikan berkisar antara 400 sampai 500 benih ikan mujair. Saat benih mulai bertumbuh besar, Bapak/Ibu bisa menambahkannya lagi dalam satuan kilogram.

Ada satu hal lain yang perlu diperhatikan yakni pemberian tanaman eceng gondok sebagai makanan tambahan ikan mujair. Eceng gondok juga bisa berfungsi sebagai peningkat suhu air kolam agar lebih sejuk bagi ikan mujair.

Tips Memilih Makanan Ikan Mujair & Komposisi yang Tepat

Komposisi standar dalam pemberian makanan ikan mujair dengan takaran 30 persen kadar lemak, 15 persen kadar karbohidrat, dan 28 persen kadar protein. Dikarenakan peran makanan ikan mujair ini cukup krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan mujair, Bapak/Ibu harus lebih berhati-hati dalam memilih pakan ikan mujair.

Tips untuk memilih makanan ikan mujair, di antaranya:

  • Memperhatikan kandungan dari bahan-bahan pakan ikan mujair, apakah sudah sesuai dengan komposisi nutrisi yang dibutuhkan.
  • Meracik semua bahan-bahan yang telah disiapkan sesuai takaran kebutuhan nutrisi dan gizi ikan mujair.
  • Mempertimbangkan ukuran ikan mujair. Untuk benih ikan mujair atau ikan berukuran kecil membutuhkan lebih banyak pakan yang mengandung karbohidrat agar bertumbuh lebih cepat. 

Sedangkan ikan mujair berukuran besar membutuhkan kadar lemak dan protein yang lebih banyak dibandingkan kadar karbohidrat.

  • Mempertimbangkan jenis ikan mujair yang Sahabat Pembudidaya pelihara, sebab untuk tiap-tiap jenis ikan mujair memiliki selera yang berbeda.
  • Memastikan bahwa pakan ikan mujair bersih. Meskipun Bapak/ibu menggunakan lumut sebagai pakan ikan mujair, tapi sebaiknya dibersihkan terlebih dulu agar jamur dan bakteri jahat lainnya tidak menempel.

Trik agar Pemberian Makanan Ikan Mujair Tepat Waktu Sesuai Takaran

pemberian makanan ikan mujair

Agar pertumbuhan dan perkembangan ikan mujair normal dengan bobot yang besar, Sahabat Pembudidaya perlu merencanakan pemberian pakan yang rutin di waktu yang tepat. Disarankan untuk memberi makanan ikan mujair sebanyak tiga kali sehari.

Akan tetapi, waktunya pun harus rutin yakni di pagi, siang, dan sore hari. Jangan sampai Sahabat Pembudidaya lupa memberikan pakan ikan mujair di siang hari dan mengganti jadwal pemberian pakan ikan mujair di sore hari dan malam hari.

Sahabat Pembudidaya, pemberian pakan ikan mujair di malam hari sangat tidak direkomendasikan karena ikan mujair berada di dasar kolam.

Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat Pembudidaya bisa menggunakan eFeeder sebagai alat pemberi pakan ikan otomatis. 

Keunggulan dari produk ini adalah Bapak/Ibu bisa menyetel takaran pemberian pakan untuk satu kali pemberian pakan dan waktu pemberian pakan.

Secara otomatis di waktu yang telah dijadwalkan, eFeeder akan memberikan makanan ikan mujair secara merata ke seluruh kolam ikan mujair.

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.