makanan ikan mas

Memilih makanan ikan mas yang tepat adalah cara sukses Bapak/Ibu untuk mempercepat budidaya. Dengan banyaknya jenis pakan yang ada, Bapak/Ibu perlu memilih makanan ikan mas yang tinggi gizi dan seimbang. Sehingga ikan mas Bapak/Ibu tidak kekurangan nutrisi.

Ada banyak jenis pakan ikan mas yang dapat Bapak/Ibu pilih. Namun, kandungan gizi dari jenis bahan perlu jadi pertimbangan utama. Pakan ikan mas dengan gizi yang tinggi akan secara signifikan mempengaruhi keberhasilan budidaya. Lalu, pakan apa yang tepat untuk ikan mas?

Artikel ini akan membahas makanan ikan mas sehingga Bapak/Ibu tidak salah pilih. Yuk simak!

Komposisi Pakan Ikan Mas yang Tepat

Komposisi makanan ikan mas yang tepat akan membantu kesuksesan budidaya ikan mas Bapak/Ibu. Berikut komposisi nutrisi ikan mas yang harus ada di pada pakan ikan mas.

KandunganPersentase
Protein30-45%
Karbohidrat<10%
Lemak5-10%
MineralJumlah kecil
VitaminJumlah kecil

Unsur-unsur di atas harus terpenuhi ketika Bapak/Ibu ingin membuat pakan ikan mas. Jika pakan yang dibuat memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, ikan mas Bapak/Ibu dapat tumbuh dengan cepat.

Satu hal yang perlu Bapak/Ibu perhatikan secara khusus ketika membuat pakan adalah kandungan protein dari pakan, karena protein merupakan kunci budidaya ikan mas.

Pemberian protein yang cukup akan meningkatkan efisiensi konversi protein pada pakan menjadi protein tubuh ikan mas. Menurut publikasi Journal of Aquaculture Management and Technology (2015), pemberian protein memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan ikan mas. 

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kadar protein 30% memberikan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, jika Bapak/Ibu membuat pakan, pastikan kandungan proteinnya cukup bagi makanan ikan mas.

Baca Juga: 4 Cara Pemijahan Ikan Mas yang Mudah Dilakukan!

7 Makanan Ikan Mas Agar Cepat Besar

Berikut kami rangkum berbagai jenis makanan ikan mas agar cepat besar agar Bapak/Ibu dapat menentukan pakan yang tepat. Tentunya, ketersediaan bahan baku menjadi prioritas utama, jadi pilihlah jenis makanan yang banyak tersedia di tempat tinggal Bapak/Ibu.

1. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu makanan favorit ikan mas. Jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahkan, kandungan protein jangkrik 3 kali lebih tinggi dibanding daging ayam. Selain itu, jangkrik mengandung omega 3 yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan.

2. Kroto

Kroto merupakan telur semut rangrang yang bisa digunakan sebagai pakan ikan mas. Kroto memiliki protein yang tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas. 

Bapak/Ibu dapat mencarinya di pohon-pohon yang rimbun. Setelah mendapatkannya, kroto dapat dihancurkan dan diberikan ke ikan mas sebagai pakan.

3. Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan jenis cacing yang banyak digunakan sebagai pakan ikan mas. Cacing sutra memiliki kandungan protein sebesar 57%. Oleh karena itu, cacing ini banyak digunakan sebagai pakan ikan mas.

4. Daphnia

Daphnia sp. merupakan kutu air yang digunakan sebagai makanan ikan mas alami. Kutu air memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, ukurannya sesuai dengan mulut larva ikan, dan mudah dibudidayakan. Saat ini daphnia merupakan salah satu jenis pakan yang banyak dibudidayakan secara massal.

5. Sekam Padi

Sekam padi merupakan makanan alternatif bagi ikan mas. Ikan mas merupakan ikan omnivora pemakan segala. Salah satu jenis tanaman yang disukai ikan mas adalah sekam padi.

Namun, jangan hanya memberikan sekam padi saja tapi tambahkan tetes tebu, arang kelapa, dan tepung ikan ke campuran pakan untuk menjadi pelet alami.

6. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan sumber pakan yang diketahui oleh banyak orang. Cacing tanah memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kandungan protein yang mencapai 40%. Bapak/Ibu dapat mencari cacing tanah di tempat berlumpur, tapi juga bisa dibudidayakan sendiri.

7. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang merupakan makanan alami ikan mas yang memiliki gizi tinggi. Ulat daun pisang memiliki nutrisi yang lengkap dan protein yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan ikan mas. Cacing daun pisang biasa ada di dalam daun pisang yang menggulung.

4 Tips Pemberian Pakan Ikan Mas

Untuk memberikan makanan ikan mas, Berikut adalah beberapa tips yang Bapak/Ibu dapat ikuti untuk memberikan makanan ikan mas dengan efektif.

1. Waktu Pemberian Makanan Ikan Mas

Tips pemberian pakan ikan mas pertama adalah menentukan waktu pemberian pakan. Bapak/Ibu harus menetapkan waktu pemberian pakan ikan mas di waktu yang sama. 

Misalnya, jika Bapak/Ibu menetapkan waktu pemberian pakan pada pukul 08.00 WIB, Bapak/Ibu harus memberikan pakan di jam yang sama pada hari selanjutnya. Dengan demikian, ikan akan mengenali waktu pemberian pakan dan bisa tumbuh dengan lebih optimal. 

2. Memberikan Pakan yang Bervariasi

Bapak/Ibu harus memberikan pakan yang bervariasi untuk ikan mas karena setiap jenis pakan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Dengan menggunakan berbagai jenis pakan, ikan mas bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap dan tumbuh dengan cepat.

3. Ukuran Pakan

Ukuran pakan juga menentukan laju tumbuh kembang ikan mas. Beri pakan ikan mas 2-3 kali sehari dengan jumlah kecil selama satu menit. Selanjutnya, Bapak/Ibu dapat menentukan berapa banyak bagian pakan yang ditambahkan sampai ada pakan yang tidak termakan oleh ikan mas.

4. Dosis Makanan Ikan Mas

Dosis pakan ikan mas adalah sebanyak 3-4% dari bobot ikan yang dibudidayakan. Misalnya ikan dengan berat 100 gram memerlukan pakan 3-4 gram per ekor per harinya.

Jika Bapak/Ibu memiliki 1.000 ekor ikan mas, kebutuhan pakannya adalah 3-4 kg per hari. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore/malam hari.

Pakai eFeeder, Pemberian Pakan bisa Otomatis dan Efisien!

Sebelumnya Bapak/Ibu telah mengetahui bahwa cara pemberian pakan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan mas. Oleh karena itu, jangan memberikan pakan yang terlalu banyak, sedikit, maupun dengan jadwal yang tidak sesuai. Jumlah pakan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan ikan mas.

Cara terbaik untuk menebar pakan secara efisien dan efektif adalah dengan eFeeder. Dengan eFeeder, pemberian pakan dapat dilakukan secara otomatis. Alat ini juga telah terbukti dapat menurunkan Feed Conversion Ratio (FCR) sehingga efektivitas pakan yang Bapak/Ibu tebar akan meningkat.

Ayo lengkapi budidaya ikan mas Bapak/Ibu agar lebih efektif dengan eFeeder sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Makanan Ikan Mas

Pakan ikan mas yang biasa diberikan adalah pakan pelet, cacing tanah, cacing sutra, daphnia, ulat daun pisang, dan lainnya.

Harga pakan ikan mas per kg berkisar Rp 8.000-13.000.

Related Post