makanan ikan gurame

Apakah Bapak/Ibu pernah bertanya-tanya, apa yang menjadi makanan ikan gurame sehingga bisa cepat besar dan panen?

Ikan gurame adalah salah satu ikan air tawar yang menguntungkan apabila dibudidayakan karena memiliki harga jual yang tinggi. Namun, produksi ikan ini masih sangat sedikit karena memiliki stigma masa pertumbuhan yang tergolong lambat. Budidaya ikan gurame membutuhkan teknologi yang baik, seperti budidaya intensif, pakan bermutu, dan strategi pemberian pakan sehingga ikan dapat lebih cepat tumbuh besar. 

Pemberian makanan atau asupan protein nabati maupun hewani yang seimbang untuk ikan gurame sangatlah penting. Jika ikan gurame cepat besar saat dibudidayakan, Sahabat Pembudidaya dapat meraup keuntungan besar karena permintaan pasar yang tinggi.

Apakah Sahabat Pembudidaya mengetahui makanan ikan gurame supaya cepat besar? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui jenis makanan ikan gurame supaya cepat besar!

Kebutuhan Nutrisi Ikan Gurame

Gurame termasuk ikan pemakan segala (omnivora) di mana pakan utamanya terdiri dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Fakta unik tentang gurame, yaitu ikan ini termasuk ikan penggerogot (grazer), yaitu ikan yang cara makannya mengambil pakan dengan jalan menggerogot.

Tujuan pemberian makanan pada ikan gurame adalah untuk meningkatkan bobot tubuh ikan gurame. Dalam pemberian pakan ikan gurame, Sahabat Pembudidaya perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi dengan cermat sehingga mempercepat pertumbuhan ikan gurame.

Kebutuhan nutrisi ikan gurame berasal dari pakan yang mengandung nutrisi lengkap yang sangat membantu percepatan pertumbuhan ikan, termasuk kemampuan reproduksi. Kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan ikan gurame, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Idealnya, komposisi pakan ikan gurame, sebagai berikut:

  • Kadar protein, ikan memerlukan pakan dengan kadar protein 20-60%.
  • Kadar lemak, kebutuhan kadar lemak pada pakan yang dibutuhkan ikan sekitar 4-18%. Lemak yang dibutuhkan ikan harus berasal dari lemak hewani atau lemak nabati.
  • Kadar karbohidrat, kebutuhan karbohidrat pada ikan sekitar 20-30%, terdiri dari serat kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN).  
  • Kadar vitamin dan mineral, ikan membutuhkan vitamin dan mineral sebanyak 2-5%.

Jenis Makanan Ikan Gurame Biar Cepat Besar

Pakan merupakan hal yang paling penting dalam keberhasilan budidaya. Sahabat Pembudidaya harus memastikan ikan gurame mendapatkan pakan yang tepat dan berkualitas. Ikan gurame dapat diberikan makanan berupa pakan buatan (pelet) ataupun pakan tambahan (pakan yang berasal dari tumbuhan atau hewan).

Berikut adalah jenis makanan ikan gurame agar cepat besar:

1. Pakan Buatan (Pelet)

Makanan ikan gurame yang pertama adalah pelet. Pelet ikan merupakan pakan yang mengandung nutrisi dan dibuat secara khusus dalam bentuk butiran serta ukuran menyesuaikan bentuk bukaan mulutnya. Pelet yang digunakan sebagai pakan mengandung protein hewani sebesar 25-30%. 

Pada saat memilih pelet, pastikan komposisi pakan sudah tepat. Perhatikan jenis pakan, apakah untuk pembenihan atau untuk pembesaran. Jenis pakan sangat berkaitan antara ukuran pelet dengan umur ikan.

2. Pakan Tambahan

Untuk menekan biaya dalam pemeliharaan ikan gurame, Sahabat Pembudidaya dapat memanfaatkan pakan tambahan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Berikut adalah jenis pakan tambahan ikan gurame beserta dengan kandungan nutrisinya:

Jenis Makanan/100 grKandungan Nutrisi
Maggot41-42% protein kasar, 31-35% ekstrak eter, 14-15% abu, 4,18-5,1% kalsium, dan 0,6-0,63 fosfor.
Daun Pepaya8 gram protein, 2 gram lemak, 11,9 gram karbohidrat, 1,5 gram serat.
Daun Pisang11,66% protein kasar, 15,5% lemak kasar, 19,9% serat kasar.
Daun Talas35 kalori, 6 gram karbohidrat, 4 gram protein, < 1 gram lemak, 3 gram serat.
Daun Kangkung3,4 gram protein, 0,7 gram lemak, 3,9 gram karbohidrat, 2 gram serat.
Daun Johar4,01% protein, 12,36% serat, 12,02% lemak, 46,01% kandungan air, 12,93% kandungan abu, 7,67% karbohidrat.
Ampas Tahu33-42% protein, 18-22% lemak, 19% karbohidrat, 29,59% serat kasar, 5,45% kadar abu, 9,84% air.
Bekicot400 gram kalori, 48,7 gram protein, 20 gram lemak, 60 gram karbohidrat.
Bekatul17 gram protein, 66 gram karbohidrat, 15 gram serat pangan, 7 gram lemak.
Jagung Manis19 gram karbohidrat, 85 kalori, 1,2 gram lemak, 3,2 gram protein.

Baca Juga: Tips Menentukan Kolam Ikan Gurame untuk Budidaya

Cara Pemberian Pakan Ikan Gurame yang Benar

Setelah mengetahui komposisi yang tepat untuk kebutuhan nutrisi ikan gurame, kini Sahabat Pembudidaya perlu mengetahui cara yang tepat untuk memberikan makanan ikan gurame. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan untuk pemenuhan kebutuhan pakan gurame adalah harus sesuai dengan komposisi dan juga biaya operasional.

Dalam pemberian pakan, ikan gurame diberikan pakan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pakan tambahan seperti tumbuhan maupun hewan diberikan satu kali per hari.

Pemberian pakan sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit, jangan memberikan makanan secara berlebihan. Misalnya, cukup dengan 80% tingkat kekenyangan. Hal tersebut dapat dilihat ketika ikan sudah mulai menjauh dari makanan. Jika memberikan makanan dalam jumlah lebih, akan mengakibatkan pengendapan dan bisa menjadi racun untuk ikan.

Berikut ini cara pemberian pakan ikan gurame, di antaranya:

  • Menyiapkan pakan di dalam ember atau bak khusus.
  • Mengukur jumlah makanan ikan gurame yang diberikan harus sesuai takaran, yakni 2-3% per hari dari bobot ikan gurame sampling.
  • Berikan pakan tambahan seperti tumbuhan maupun hewan 1-2% per hari dari bobot ikan gurame.
  • Setelah pakan siap, maka Sahabat Pembudidaya bisa mulai menebar pakan secara merata di permukaan kolam budidaya.

Baca Juga: 6 Cara Pemijahan Ikan Gurame yang Mudah dan Pasti Sukses!

Tebar Pakan Lebih Merata dan Efektif Menggunakan eFeeder 5

Dalam pemberian pakan, Sahabat Pembudidaya perlu menyiapkan dan memberikan makanan ikan gurame secara cermat agar pertumbuhan ikan gurame normal dan berbobot besar dalam waktu yang singkat. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan komposisi serta selalu memperhatikan takaran nutrisi yang dibutuhkan ikan gurame dalam pemberian pakan dalam satu hari.

Untuk membantu Sahabat Pembudidaya dalam mengatur, menebar, dan mencatat pakan ikan gurame, eFishery menciptakan eFeeder untuk Ikan. Di tahun ini, eFishery merilis versi terbarunya, yaitu eFeeder 5.

eFeeder 5 merupakan alat pemberi pakan otomatis yang bisa di-setting sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Sahabat Pembudidaya. eFeeder 5 dibuat untuk menghemat waktu, sehingga Sahabat Pembudidaya tidak perlu menimbang dan menebar pakan secara manual. Pakan yang dilontarkan juga tercatat dengan rapi dan bisa dilihat melalui aplikasi eFeeder pada handphone Sahabat Pembudidaya.

Selain itu, Sahabat Pembudidaya bisa mengubah pengaturan semua eFeeder 5 di area kolam tanpa harus berkeliling dan menghampirinya satu persatu. Dengan begitu, jadwal pemberian pakan ikan gurame tetap teratur dengan kandungan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan ikan gurame.

Pesan eFeeder 5 sekarang dan rasakan kemudahan menebar pakan secara praktis!

Related Post