jenis ikan mujair

Jenis ikan mujair yang tepat menjadi penentu kesuksesan Bapak/Ibu dalam budidaya ikan mujair. Hal ini dikarenakan setiap jenis mujair memiliki waktu panen, kecepatan tumbuh, dan ketahanan terhadap penyakit yang berbeda.

Maka, jika ingin membudidaya ikan mujair, pastikan jenis ikan mujair yang Bapak/Ibu pilih mudah besar dan untung ketika dibudidayakan, apalagi karena di Indonesia ada ratusan jenis ikan mujair yang tersebar di berbagai wilayah. 

Artikel ini akan merangkum jenis ikan mujair yang populer dan banyak dibudidayakan. Namun, sebelum masuk ke jenisnya, mari kita simak beberapa ciri-ciri ikan mujair agar Bapak/Ibu tidak salah dalam membedakannya dengan ikan lain.

9 Ciri-Ciri Ikan Mujair yang Utama

Ikan mujair memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan ikan jenis lainnya. Berikut beberapa ciri ikan mujair.

1. Warna

Warna ikan mujair yaitu berwarna gelap seperti keabu-abuan, kecoklatan, kehitaman, kekuningan dan campuran dari beberapa warna tersebut, serta warna ekor ikan mujair berwarna jingga kemerahan ketika dewasa.

2. Bentuk Tubuh

Ikan mujair memiliki bentuk tubuh yang agak memanjang dan sedikit pipih ke samping dengan panjang tubuh maksimal mencapai 40 cm. 

3. Mata Ikan Mujair

Ciri-ciri Ikan mujair yaitu memiliki mata berwarna merah, agak kehitaman atau agak kecoklatan. Mata ikan mujair memiliki bentuk bulat dan di bagian tengah memiliki bundaran berwarna hitam.

4. Bibir Ikan Mujair

Ikan mujair bibirnya terdiri dari dua pasang sungut dan tidak bergigi. Bagian dalamnya terdapat gigi kerongkongan yang berjejer 3 baris berbentuk graham.

5. Sirip

Ciri Ikan mujair selanjutnya yaitu memiliki sirip yang memanjang mulai dari pangkal kepala sampai anal. Jika Bapak/Ibu perhatikan pada bagian siripnya terdapat duri  untuk perlindungan dirinya. Selain itu, Sirip punggung ikan mujair memiliki jari-jari yang keras dan bergerigi di bagian akhirnya.

6. Sisik Ikan

Sisik menjadi ciri ikan mujair yang dapat Bapak/Ibu perhatikan dengan jelas. Sisik ikan mujair memiliki ukuran yang relatif besar dengan warna sisik yang transparan. Ikan mujair memiliki sisik cycloid yaitu sisik yang berbentuk bulat, tipis, transparan dan memiliki lingkaran pada bagian belakangnya.

7. Jumlah Telur

Ikan mujair betina dapat menghasilkan telur sebanyak 100-150 butir telur. Bahkan jumlahnya dapat lebih banyak jika ikan mujair jantan dan betina memiliki kualitas yang tinggi.

8. Penyimpanan Telur

Ikan mujair akan menyimpan telur yang sudah dibuahi di dalam mulutnya. Tujuannya yaitu untuk melindungi telur dari ikan lainnya.

9. Sifat Predasi

Ikan mujair dapat menjadi predator telur bagi ikan lain. Dalam satu hari, ikan ini dapat menghabisi telur ikan lainnya. Maka jika Bapak/Ibu budidaya ikan mujair jangan digabung dengan ikan jenis lainnya.

Karakteristik Ikan Mujair dan Perbedaan Singkat dengan Ikan Nila

Umumnya, masyarakat sulit membedakan ikan mujair dan ikan nila. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan ikan mujair dan ikan nila.

perbedaan ikan nila dan mujair

Itulah perbedaan ikan mujair dengan ikan nila yang mudah untuk diamati. Jika Bapak/Ibu ingin mengetahui perbedaan lebih jelas dapat membaca perbedaan ikan mujair dan ikan nila dibawah ini.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair!

5 Jenis Ikan Mujair yang Cepat Besar 

Ada banyak jenis ikan mujair yang ada di Indonesia. Akan tetapi, kami menampilkan 5 jenis ikan mujair yang cepat besar ketika dibudidayakan. Mari simak!

1. Mujair Nifi

Ikan mujair nifi merupakan persilangan antara ikan mujair jantan lokal dan ikan mujair betina dari luar negeri. Ikan mujair nifi disebut sebagai ikan yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, ikan ini juga memiliki harga yang mahal di pasaran. 

Ciri-ciri ikan ini adalah badan agak kemerahan, kuning dan putih dengan ukuran besar, agak bongsor. Pembenihan ikan mujair nifi disebut dapat menghasilkan benih jantan yang berkualitas sehingga disukai oleh para pembenih.

2. Ikan Mujair Gift

Ikan mujair gift berasal dari persilangan 8 varietas ikan mujair dari 8 negara yang berbeda yaitu Singapura, Thailand, Mesir, Senegal, Kenya, Ghana, Taiwan, dan Israel. Ikan mujair ini unggul dari jenis lainnya karena memiliki ketahanan terhadap penyakit yang lebih kuat. Ciri-ciri ikan mujair gift adalah warna merah yang khas. 

3. Ikan Mujair Gesit

Ikan mujair gesit merupakan hasil rekayasa genetika dari ikan mujair gift generasi ketiga. Ikan ini memiliki kelebihan spesifik, yaitu benih yang dibuahi oleh ikan mujair jantan memiliki kualitas yang tinggi. Keberhasilan perkawinannya sangat tinggi, mencapai 98%. Selain itu, dalam waktu 6 bulan ikan ini dapat tumbuh hingga berbobot 0,6 kg.

4. Ikan Mujair Salina

Ikan mujair salina merupakan produk rekayasa unggulan dari Indonesia. Ikan mujair ini dikembangkan melalui rekayasa genetik yang dilakukan oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Indonesia di tahun 2013. Oleh karena itu, ikan ini populer dibudidayakan di Indonesia.

Keunggulan dari ikan mujair ini adalah tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca ekstrem. Ikan mujair salina juga efektif pembudidayaannya karena memiliki feed cost ratio yang relatif rendah. Selain itu, ikan mujair salina dapat hidup pada perairan dengan salinitas tinggi, hingga 25 pt.

5. Ikan Mujair Get

Ikan mujair Get merupakan jenis ikan mujair yang datang dari negara Filipina pada tahun 2000. Ikan mujair jenis ini cukup banyak dibudidayakan karena mudah berkembang biak. Selain itu, ikan mujair get memiliki masa panen yang lebih cepat.

Baca Juga: Tips Pemberian Makanan Ikan Mujair Supaya Cepat Besar!

Gak Perlu Bingung! Jual Panen Ikan Mujair Mudah di eFisheryKu!

Bapak/Ibu yang ingin memulai budidaya ikan mujair tentunya perlu memikirkan juga bagaimana cara menjualnya. Namun, Bapak/Ibu tidak perlu bingung, penjualan ikan secara online kini dapat dilakukan dengan mudah agar ikan dapat terjual dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah Lapak Ikan, fitur unggulan di aplikasi budidaya ikan eFisheryKu.

eFisheryKu adalah aplikasi budidaya ikan dari eFishery yang mempermudah proses budidaya ikan Bapak/Ibu. Melalui eFisheryKu, Bapak/Ibu dapat menjual hasil panen ikan mujair dengan mudah dan harga yang adil. Bapak/Ibu juga bisa mendapatkan informasi berharga seputar berbudidaya ikan!

Ayo download aplikasi eFisheryKu sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Jenis Ikan Mujair

Ikan mujair memiliki bentuk badan pipih yang berwarna hitam, keabu-abuan, kecoklatan dan kuning. Ikan ini memiliki panjang sekitar 40cm.

Ikan nila memiliki mulut yang lebih kecil sedangkan ikan mujair memiliki mulut lebih besar. Selanjutnya badan ikan nila lebih besar dan membulat sedangkan ikan mujair memiliki badan tidak terlalu membulat dan kecil.

Ikan mujair punya dua jenis pakan, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan alami dapat berupa cacing, dedak dan kangkung, sedangkan pakan buatan berupa pelet ikan.

Related Post