jenis ikan gurame

Untuk memulai budidaya ikan gurame, Bapak/Ibu perlu mengetahui jenis ikan gurame agar bisa menentukan jenis apa yang cocok dan tepat untuk dijadikan bisnis budidaya. Budidaya ikan gurame merupakan salah satu bisnis budidaya ikan menjanjikan yang berpotensi profit tinggi.

Sebab, gurame memiliki daging yang lembut, gurih dan lezat sehingga banyak masyarakat di Indonesia yang menyukai daging ikan air tawar ini. Bukan hanya di Indonesia saja, ikan gurame juga menjadi pangan yang digemari se-Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Ikan yang memiliki nama latin atau nama ilmiah Osphronemus goramy ini memiliki banyak sebutan yang berbeda-beda di tiap daerah, tergantung bahasa lokal daerah tersebut, sehingga Bapak/Ibu perlu mencari tahu apa sebutan ikan gurame yang sering digunakan di daerah setempat.

Umumnya, gurame sehat memiliki ciri tubuh berbentuk lonjong dan panjang dengan mulut yang kecil, serta memiliki sisik yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Menariknya, selain diolah menjadi makanan, ikan gurame juga bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias.

Manakah jenis ikan gurame yang dijadikan makanan dan ikan hias? Untuk menjawabnya, sebaiknya Bapak/Ibu mengetahui jenis-jenis ikan gurame dengan detail.

Jenis-Jenis Ikan Gurame

Untuk memulai bisnis budidaya ikan gurame, Bapak/Ibu perlu mengetahui jenis ikan gurame supaya bisa menentukan jenis gurame mana yang akan dibudidayakan. Berikut ini 7 jenis ikan gurame yang ada di perairan Indonesia.

1. Gurame Batu

Gurame batu merupakan jenis gurame yang memiliki ciri-ciri warna tubuh hitam dan bersisik keras. Gurame batu jarang dijadikan makanan karena total dagingnya terbilang cukup sedikit.

Pasalnya, maksimal bobot tubuh ikan ini kecil. Di usia satu tahun saja bobot tubuhnya hanya mencapai 0,5 kg, sehingga gurame batu lebih umum dijadikan ikan hias saja.

2. Gurame Soang atau Gurame Angsa

Ikan gurame yang cepat besar adalah jenis gurame soang atau gurame angsa. Dalam waktu 9 bulan, Pembudidaya sudah bisa memanen gurame soang dengan bobot ikan sebesar 500 gram.

Bahkan, bila Bapak/Ibu membudidayakannya lebih lama, jenis ikan gurame yang satu ini bisa mencapai bobot 8 kg dengan panjang 65 cm. Keuntungan lainnya dari berbudidaya gurame soang adalah telur yang dihasilkan indukannya cukup banyak, yakni antara 5.000-7.000 butir telur per indukan.

Gurame soang atau yang juga biasa disebut gurame angsa memiliki ciri-ciri kepala yang yang sedikit menonjol seperti angsa, serta bentuk tubuh pipih memanjang dengan kombinasi warna hitam dan putih. Bagian ekor gurame soang memiliki warna kemerahan ketika usianya masih di bawah 1 tahun. Gurame soang banyak dijumpai di daerah Jawa Barat, khususnya Cianjur dan Ciamis.

3. Gurame Kapas

Gurame kapas memiliki ciri-ciri warna putih keperakan seperti warna kapas dengan ukuran sisik yang lebar, bertekstur kasar, dan keras. Sama halnya dengan gurame soang, gurame kapas termasuk ke dalam jenis ikan gurame yang cepat besar.

Namun, bobot maksimalnya hanya mencapai 1,5 kg saja. Selain itu, produktivitas indukan gurame kapas juga tidak terlalu besar, yakni hanya mendapatkan 3.000 butir telur per ekor untuk satu kali pemijahan.

4. Gurame Blue Safir

Sekalipun namanya gurame blue safir, jenis gurame yang satu ini justru tidak berwarna biru, tetapi hitam kemerahan atau merah muda cerah. Gurame blue safir memiliki panjang maksimal 35 cm dengan bobot maksimal 2-4 kg.

Perihal produktivitasnya, blue safir termasuk gurame yang memiliki produktivitas cukup baik, yakni dapat bertelur 4.000-5.000 telur per ekor untuk satu kali pemijahan.

5. Gurame Porselen

Gurame porselen menjadi ikan gurame yang populer dan memiliki banyak peminat, khususnya di Indonesia. Maka dari itu, tak heran bila harga jualnya sendiri lebih tinggi dibandingkan jenis-jenis gurame lainnya. Ciri-ciri gurame porselen adalah berwarna merah mudah keperakan, tubuh bagian bawah berwarna putih, dan ukuran kepala yang lebih kecil daripada ukuran tubuhnya.

Pertumbuhan gurame porselen terbilang cepat dan bisa mencapai bobot maksimal 1,5-2 kg per ekor. Produktivitas ikan ini cukup tinggi, yakni dalam satu kali pemijahan mampu menghasilkan 8.000-10.000 butir telur per ekor. Untuk memulai budidaya ikan gurame, Bapak/Ibu bisa mencoba dari ikan gurame porselen yang menguntungkan ini.

6. Gurame Jepang atau Gurame Jepun

Gurame jepang atau gurame jepun berasal dari Jawa Tengah. Saat usianya masih kecil, gurame jepang memiliki warna agak kebiruan. Ketika sudah memasuki usia dewasa, gurame jepang memiliki warna hitam pekat di bagian atas, dengan sisik berwarna putih dan garis gelap di bagian tubuhnya yang membuatnya terlihat seperti berwarna abu-abu.

Panjang maksimal gurame jenis ini mencapai 45 cm, dengan bobot tubuh 3,5-4 kg. Indukan gurame jepang mampu menghasilkan 2.000-3.000 butir telur per periodenya.

7. Gurame Paris

Gurame paris memiliki warna dasar tubuh merah cerah dengan bintik-bintik hitam di seluruh tubuh dan warna putih di bagian kepalanya. Bobot maksimal ikan ini hanya 1,5 kilogram saja. Telur yang dihasilkan oleh indukan gurame paris untuk satu kali pemijahan hanya berkisar 5.000-6.000 butir telur.

Baca Juga: Jenis Makanan Ikan Gurame Supaya Cepat Besar

Prospek Bisnis Budidaya Gurame

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan gurame termasuk ke dalam jenis ikan air tawar yang memiliki banyak peminatnya sehingga Bapak/Ibu tidak akan terlalu kesulitan untuk menjualnya. Bapak/Ibu bisa menawarkan ikan gurame kepada pengepul dengan risiko harga jual yang lebih rendah dibandingkan pasaran.

Selain itu, Bapak/Ibu juga bisa menawarkan hasil panen ikan gurame ke pedagang ikan di pasar tradisional, supermarket, restoran, atau langsung ke konsumen rumah tangga. Untuk mendapatkan harga yang adil dengan cepat, Bapak/Ibu bisa menjual ikan melalui Lapak Ikan di aplikasi eFisheryKu

Untuk menjangkau segmentasi pembeli supermarket, Bapak/Ibu perlu memperhatikan kualitas ikan gurame agar hasil panen Bapak/Ibu memiliki kriteria yang cocok untuk dijual di supermarket.

Baca Juga: Tips Menentukan Kolam Ikan Gurame untuk Budidaya

Tips Mendapatkan Pakan Ikan Gurame Berkualitas

Untuk mendapatkan ikan gurame dengan kualitas tinggi, Bapak/Ibu perlu mempertimbangkan dengan matang jenis  pakan ikan gurame yang digunakan supaya ikan gurame cepat tumbuh besar dengan bobot maksimal dan rasa daging yang lezat.

Salah satu caranya adalah dengan membeli pakan ikan gurame di eFisheryKu. Bapak/Ibu bisa memilih pakan ikan gurame berkualitas terbaik dengan harga yang bersaing. Untuk mendapatkan pakan dan membayarnya setelah panen, Bapak/Ibu bisa mengajukan diri untuk program Kabayan.

Melalui Kabayan, Bapak/Ibu bisa mendapatkan akses ke lembaga finansial untuk mendapatkan pakan dengan sistem pembayaran tempo. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kembangkan bisnis budidaya gurame Bapak/Ibu dengan beli pakan pakai Kabayan di eFisheryKu.

Pertanyaan Seputar Jenis Ikan Gurame

Jenis ikan gurame yang cepat besar adalah jenis gurame soang yang banyak dijumpai di daerah Jawa Barat, khususnya Ciamis dan Cianjur. Selain itu, jenis gurame kapas juga cepat tumbuh besar.

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia dengan ciri-ciri tubuh berbentuk pipih melebar, serta memiliki tekstur daging yang lembut dan lezat.

Related Post