hemat pakan udang dengan efeeder

eFeeder untuk udang dari eFishery adalah alat pemberi pakan otomatis yang dibuat khusus untuk membantu Petambak menebar pakan dengan akurat, tepat waktu, dan efektif. Produk unggulan dari eFishery ini sudah sering membantu Petambak mendapatkan untung lebih banyak karena kemampuannya untuk membuat manajemen pakan lebih teratur. Penggunaannya yang mudah dan teknologinya yang optimal membuat Petambak bisa mengatur pemberian pakan hanya dari aplikasi eFeeder di handphone.

Seperti yang dialami oleh Pak Mualim di Serang, Banten. Pak Mualim awalnya bekerja di beberapa tambak udang yang berada di Lampung. Lalu, pada tahun 2017 beliau mulai membuka tambak udangnya sendiri di Serang. Pak Mualim memulai budidaya udang vanname dengan memanfaatkan rawa-rawa yang tidak produktif. Saat pertama kali memulai budidaya, beliau hanya mempunyai 1 tambak, sekarang jumlah tambaknya pun semakin bertambah.

Pak Mualim mulai mencari tahu tentang eFeeder untuk udang pada tahun 2019. Setelah menghubungi eFishery, tim dari eFishery pun datang ke tambak udang Pak Mualim untuk menawarkan eFeeder. Beliau pun tertarik untuk mecoba 1 unit eFeeder di tambaknya yang waktu itu hanya berjumlah 1. Pak Mualim mengatakan, sebelum menggunakan eFeeder, angka FCR (Feed Conversion Ratio) pada budidaya udang vannamenya adalah 1,4-1,6. Setelah menggunakan eFeeder, angkanya berubah drastis menjadi 1,1. FCR sendiri adalah angka hasil perbandingan dari jumlah pakan yang diberikan dengan berat total komoditas hasil panen. Umumnya, nilai FCR yang baik pada budidaya udang adalah 1,1-1,2. Angka ini menunjukkan bahwa manajemen pakan yang diatur selama proses budidaya terimplementasi dengan baik.

“Sebelum menggunakan eFeeder, angka FCR berada di 1,4-1,6. Setelah Saya menggunakan eFeeder, nilainya luar biasa, turun menjadi 1,1. Bukan karena faktor pakannya yang bagus, tetapi memang manajemen pemberian pakannya yang lebih baik. Lebih baik dalam hal penimbangan di takarannya dan jam distribusinya lebih tepat dibandingkan dengan yang manual,” ucap beliau.

Dengan takaran pakan dan jam pendistribusian yang lebih tepat, eFeeder dapat memberikan efek pertumbuhan yang lebih baik ke udang. Selain itu, eFeeder juga terhubung dengan aplikasi di handphone yang dapat membantu Petambak dalam hal pencatatan data pemberian pakan dari awal eFeeder mulai dioperasikan oleh Petambak. Dengan adanya eFeeder, Pak Mualim berharap budidaya udang vanname semakin mudah, semakin nyaman, dan semakin menguntungkan.

Itulah cerita Pak Mualim yang menggunakan eFeeder untuk udang vanname yang dibudidayakannya. Terima kasih sudah membaca! Klik link di bawah ini untuk memesan eFeeder!

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.