harga ikan bawal

Di Indonesia, harga ikan bawal seringkali mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak menentu. Naik turunnya harga ikan bawal dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti naiknya harga pakan, cuaca yang tidak stabil, dan sedikitnya stok bawal siap panen.

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui harga ikan bawal per kg yang dijual di eFresh!

Ciri-Ciri Ikan Bawal Berkualitas

Ikan bawal yang berkualitas tinggi adalah ikan bawal yang terlihat masih segar dari sisi manapun. Jika memiliki kualitas yang tinggi, ikan bawal mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bapak/Ibu tidak disarankan untuk membeli ikan bawal yang tidak terlihat segar karena ikan tersebut bisa menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri. Jika masuk ke dalam tubuh manusia, bakteri-bakteri tersebut akan menjadi racun yang nantinya akan menimbulkan penyakit.

Sebelum Bapak/Ibu mengetahui harga ikan bawal per kg-nya, mari simak ciri-ciri ikan bawal yang berkualitas tinggi agar tidak bingung memilih ketika hendak membeli!

1. Tekstur Daging Ikan

Jika masih segar, ikan bawal akan mempunyai tekstur daging yang keras. Untuk mengetahui tekstur daging ikan bawal, Bapak/Ibu bisa menekan ikan dengan jari telunjuk. Jika tekstur daging ikan lembek dan mudah hancur, bisa dipastikan ikan sudah tidak segar dan akan membusuk dalam waktu dekat.

2. Kondisi Badan Ikan

Hal yang paling mencolok dari ikan bawal ketika pertama kali dilihat adalah sisiknya. Hal ini bisa menjadi hal pertama yang Bapak/Ibu perhatikan.

Untuk memilih ikan bawal yang berkualitas tinggi, pastikan tidak ada sisik yang terlepas dari tubuh ikan. Ikan bawal yang sehat dan berkualitas tinggi juga tidak akan mempunyai luka di sekujur tubuhnya.

3. Kondisi Mata Ikan

Ikan bawal segar yang mempunyai kualitas tinggi bisa dilihat dari kondisi matanya. Jika masih dalam kondisi segar, mata ikan bawal akan menonjol keluar, cenderung cembung, bening, dan terlihat jelas. Jika mata ikan sudah layu, buram, dan berkabut, artinya ikan sudah tidak segar dan kualitasnya tidak lagi tinggi.

4. Kondisi Insang Ikan

Insang yang berwarna merah segar, bersih, dan basah adalah ciri-ciri ikan yang mempunyai kualitas tinggi. Semakin merah warna insang ikan bawal, semakin tinggi kualitasnya.

Sebaliknya, jika insang ikan bawal berwarna kecokelatan atau keabuan serta terlihat kering, ikan tersebut tidak segar atau tidak layak konsumsi. Untuk mengecek warna insang ikan, Bapak/Ibu bisa mengangkat penutup insang yang terletak di sisi kepala ikan. 

Jenis-Jenis Ikan bawal

Ikan bawal pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1986. Awalnya, ikan bawal diperdagangkan sebagai ikan hias karena bentuknya yang cantik dan unik.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman ikan bawal sudah terkenal sebagai ikan konsumsi di Indonesia. Ikan bawal memiliki daging tebal, manis, gurih, serta bergizi tinggi.

Yuk, ketahui jenis-jenis ikan bawal yang ada di Indonesia!

1. Ikan Bawal Hitam

ikan bawal hitam
Sumber: Ikanpedia

Sesuai dengan namanya, jenis ikan bawal yang satu ini memiliki sisik yang berwarna hitam dengan sedikit bercak putih di antaranya. Ikan bawal hitam memiliki bentuk dan ukuran berbeda dengan ikan-ikan bawal lainnya. Ikan bawal hitam memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih pipih dan lebih tinggi dibanding jenis ikan bawal lainnya.

Ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi ini bisa tumbuh hingga berbobot 1 kg ketika dewasa. Selain dibudidayakan, ikan ini biasa hidup di perairan yang berlumpur atau di muara-muara sungai.

2. Ikan Bawal Air Tawar

ikan bawal air tawar
Sumber: Unair News

Ikan bawal air tawar memiliki warna oranye di bagian bawah tubuhnya dengan bentuk yang lebih bulat dibanding jenis ikan bawal lainnya. Dengan ukuran sirip yang kecil, ikan bawal air tawar juga memiliki mulut kecil yang membedakan ikan bawal air tawar dengan jenis lainnya.

Ikan bawal air tawar banyak digemari masyarakat Indonesia karena dagingnya yang tebal dan gurih kaya akan protein, omega 3, dan omega 6. Ikan ini juga dikenal cocok untuk masyarakat yang sedang mengurangi berat badan karena kandungan kalori dan karbohidratnya yang rendah. Karena ini, harga ikan bawal air tawar di pasar cenderung tinggi.

3. Ikan Bawal Putih

ikan bawal putih
Sumber: Tangerang Raya

Ikan bawal putih atau silver pomfret adalah ikan yang hidup di perairan pantai, air tawar, juga air payau. Bentuk tubuh ikan bawal putih menyerupai belah ketupat dengan berat maksimum 1 kg ketika dewasa. Ikan yang mempunyai tampilan cantik ini biasanya sering dijadikan ikan hias maupun ikan konsumsi.

Di pasar, harga ikan bawal putih cenderung tinggi. Hal ini dikarenakan rasa dagingnya yang enak, bentuknya yang cantik, serta tingginya permintaan pasar akan ikan ini.

4. Ikan Bawal Bintang

ikan bawal bintang
Sumber: Mongabay

Ikan bawal bintang atau Trachinotus blochii adalah ikan yang banyak hidup di air laut. Ikan bawal jenis ini mirip sekali dengan bentuk tubuh ikan piranha yang pipih dan cenderung seperti belah ketupat. Ikan bawal bintang mempunyai warna sedikit hitam di bagian atas tubuh dan warna putih perak di bagian bawah tubuh.

Ikan bawal bintang biasa mengkonsumsi plankton-plankton yang ada di laut. Meskipun begitu, ikan bawal bintang bisa menjadi kanibal jika sudah tidak ada makanan di sekelilingnya.

Daftar Harga Ikan bawal Per 1 Kg

Di berbagai daerah, ikan bawal mempunyai harga yang berbeda. Selain karena keberagaman jenisnya, perbedaan ikan bawal bisa dikarenakan ketidaksamaan harga pakan, biaya transportasi, dan biaya operasional. Untuk mendapatkan ikan bawal segar dalam jumlah banyak, Bapak/Ibu bisa membelinya secara langsung di eFresh dari eFishery.

eFresh adalah platform yang dibuat untuk memudahkan pembelian ikan segar dalam jumlah besar langsung dari Pembudidaya yang baru panen. Ikan bawal di eFresh sudah terjamin kesegaran dan kualitasnya. Selain itu, Bapak/Ibu juga bisa mendapatkan harga ikan bawal terbaru di eFresh yang selalu diperbarui setiap minggunya. Yuk, intip harga ikan bawal perkilo di eFresh!

Harga Ikan bawal Hidup Per Kilogram di eFresh

KomoditasProvinsiHarga
Ikan Bawal HidupLampungRp15.000-Rp16.000
Ikan Bawal HidupJawa BaratRp14.000-Rp20.000
Ikan Bawal HidupJawa TengahRp16.000-Rp19.000
Ikan Bawal HidupJawa TimurRp15.000-Rp23.000
Ikan Bawal HidupBali & Nusa TenggaraRp17.500-Rp30.000
Ikan Bawal HidupSulawesi SelatanRp15.000-Rp20.000
Ikan Bawal HidupKalimantan BaratRp19.000-Rp20.000
Ikan Bawal HidupKalimantan TengahRp19.000-Rp20.000
Ikan Bawal HidupKalimantan SelatanRp18.000-Rp18.500

Baca Juga: Harga Ikan Mas Terbaru, Dapatkan Kualitas Terbaik di Sini!

Beli Ikan Bawal dengan Harga Terbaik di eFresh

Dapatkan ikan bawal segar dengan kualitas tinggi di eFresh, platform yang dibuat untuk memudahkan pembelian ikan segar langsung dari Pembudidaya yang baru panen. eFresh adalah cara baru yang lebih mudah untuk mendapatkan ikan segar dalam jumlah besar.

Klik link di bawah untuk beli ikan bawal segar di eFresh!

Related Post