fcr udang vaname

Budidaya udang memiliki potensi yang sangat tinggi, terutama karena permintaan pasar yang tinggi dan selalu meningkat. Namun, bisnis budidaya udang seperti vaname memiliki risiko yang tidak kecil. Hanya karena salah jumlah/frekuensi pakan, budidaya udang vaname 1 siklus bisa gagal. Solusi dari masalah ini adalah manajemen pakan, dimulai dengan menghitung FCR udang vaname!

FCR adalah Feed Conversion Rate atau angka efektivitas pakan yang ditebar. Dengan menghitung FCR, Bapak/Ibu bisa melihat apakah pakan yang ditebar benar-benar dimakan oleh udang atau malah terbuang dan mencemari kolam.

Sebelum membahas FCR, mari kita lihat pentingnya manajemen pakan ketika berbudidaya udang vaname!

Apa Pentingnya Manajemen Pakan Udang?

fcr udang vaname

Manajemen pakan adalah cara pengaturan pakan udang agar mendapatkan efektivitas pakan yang baik dan udang berukuran besar, sehingga keuntungan pun jadi optimal!

Ada berbagai metode yang digunakan dalam manajemen pakan udang, seperti blind feeding atau pemuasaan udang. Tujuannya adalah untuk memastikan pakan yang ditebar tetap optimal, kondisi udang bisa tumbuh dengan baik tanpa penyakit, dan tidak ada pakan yang mengendap terbuang.

Manajemen pakan yang baik akan menghasilkan FCR atau Feed Conversion Rate yang baik pula.

Cara Menghitung FCR Udang Vaname

FCR udang vaname perlu dihitung untuk melihat efektivitas pakan yang ditebar, sekaligus sebagai bahan evaluasi metode manajemen pakan yang ditebar.

Yuk kita simak cara menghitung FCR udang vaname di bawah ini!

rumus fcr udang

Contoh:

Biomassa udang adalah 500 kg. Jumlah pakan yang sudah diberikan adalah 550 kg. 

contoh rumus fcr udang

Jadi, FCR untuk siklus tersebut adalah 1,1.

FCR terbaik untuk udang vaname ada di antara 1,1-1,2. Artinya, biomassa udang yang dipanen mendekati bobot pakan yang ditebar. Pakan yang Bapak/Ibu tebar optimal dimakan oleh udang!

Lebih Mudah Hitung FCR Udang Vaname dengan Kalkulator Budidaya

Kini, menghitung FCR bisa dilakukan lebih mudah dan cepat dengan fitur Kalkulator Budidaya di aplikasi eFarm dari eFishery!

eFarm adalah aplikasi serbaada yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung bisnis Pembudidaya Udang. Salah satu fitur yang tersedia di eFarm adalah Kalkulator Budidaya, fitur yang mempermudah proses penghitungan data-data budidaya untuk mengoptimalkan pertumbuhan udang Bapak/Ibu. Selain FCR, Bapak/Ibu juga bisa menghitung ADG (Average Daily Gain), Size, Biomassa, SR (Survival Rate), bahkan MBW (Mean Body Weight) budidaya!

Manfaatkan fitur gratis ini dengan download eFarm dari eFishery. Klik tombol di bawah ini!

Related Post