Serba-Serbi Work From Anywhere: Kerja Dari Mana Saja di eFishery!

Tak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 membawa dampak negatif yang panjang untuk dunia. Per Januari 2022, angka kematian yang disebabkan oleh COVID-19 telah melewati angka 5,6 juta jiwa. Negara-negara mengambil langkah preventif untuk menjaga masyarakatnya terjangkit dari penyakit ini, salah satunya dengan membatasi mobilitas. Hal ini berujung pada pembatasan kegiatan bekerja di kantor. 

Work From Home (WFH), Work From Office (WFO), dan hybrid working menjadi istilah-istilah yang tidak asing di telinga, digunakanl di saat dinamika dan budaya bekerja dipaksa untuk berubah karena ruang gerak pegawai dan perusahaan dibatasi oleh aturan demi melindungi nyawa. Aturan ini pula yang mengubah pola pilihan golongan jobseekers atau para pencari kerja.

Lokasi bekerja menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh jobseekers, terutama di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft Corp., 83 persen pencari kerja di Indonesia menginginkan opsi untuk bisa bekerja secara jarak jauh atau remote working. Angka ini lebih tinggi dibandingkan hasil survei secara global, yang hanya mencapai angka 73 persen.

Demi memenuhi keinginan pasar dan menyesuaikan diri dengan aturan setempat, berbagai perusahaan mulai menawarkan remote working sebagai salah satu benefit. Namun, keuntungan satu ini bisa menjadi bumerang, baik bagi perusahaan maupun siapapun yang direkrutnya. Tanpa sistem yang ditetapkan dan diterapkan oleh semua pihak yang terlibat, remote working bisa menjadi sumber stres dan akar turunnya produktivitas.

Ketika semua perusahaan berusaha untuk mencari formula bekerja secara remote atau jarak jauh dari rumah masing-masing, eFishery sudah melakukan uji coba remote working selama beberapa tahun dan menyempurnakan rumus bekerja dari mana saja atau Work From Anywhere.

Work From Anywhere (WFA) atau bekerja dari mana saja adalah sebuah konsep yang memberikan opsi bagi eFisherian untuk bekerja di mana saja yang nyaman, kapan saja yang nyaman, sesuai dengan batas jam kerja yang berlaku. 

Berbeda dengan remote working atau hybrid working, eFisherian tidak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau dengan jadwal wajib ke kantor. Work From Anywhere tetap membuka kemungkinan bagi eFisherian untuk bekerja di mana saja; di rumah, cafe, co-working space, bahkan di Head Office eFishery jika eFisherian ingin bekerja di kantor. 

Jam Responsif

eFisherians memiliki kebebasan untuk memilih jam kerja. Namun, eFisherian tetap diharapkan untuk responsif pada jam-jam tertentu (jam kerja) untuk menghindari adanya miskomunikasi. Pada jam-jam tersebut, eFisherian diharapkan untuk membalas chat/email yang dikirimkan seputar pekerjaan dan koordinasi. Tentunya hal ini tidak memaksa eFisherian untuk membalas secara instan, tapi untuk membantu sesama eFisherian mendapatkan informasi yang aktual dalam jam yang rasional. 

Daily & Weekly Huddles

Meski terkesan berlebihan, weekly & daily huddles adalah kunci komunikasi antar eFisherian. Hambatan, perkembangan, pencapaian; leader dan anggota tim perlu mengetahui info perkembangan pekerjaan masing-masing agar bisa saling mendukung dan membantu. Huddles juga membantu sesama anggota tim untuk mengestimasi waktu pengerjaan proyek dengan lebih akurat.

Mendiskusikan Target dengan Jelas dan Detail

Dengan adanya batasan ruang, komunikasi menjadi salah satu hal paling penting ketika bekerja dalam tim. Di eFishery, kami mendiskusikan goals dan rencana kerja dengan detail dan dengan target per action. Hal tersebut meminimalisasi miskomunikasi dan membantu eFisherian mengukur beban pekerjaan masing-masing. 

Berpatokan Pada Workflow

Semua pekerjaan ada workflow-nya, sebuah sistem yang mengatur bagaimana dan kapan setiap eFisherian bekerja. Dengan adanya workflow yang disetujui oleh semua eFisherian, pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat. Hasilnya pun bisa lebih akurat dan memuaskan.

Team Bonding

Masing-masing tim di eFishery memiliki cara tersendiri untuk membangun chemistry. Namun, ketika setiap anggota tim berjauhan dengan yang lainnya, online team bonding jadi pilihan kebanyakan eFisherian. Bentuknya berbagai macam, dari mulai sharing sessions, online gaming, hingga self-improvement classes yang diadakan secara gratis oleh eFishery.

Di luar itu, eFisherian yang berada di Bandung bisa melakukan kegiatan bonding kantor bersama eFisherian dari departemen dan divisi lainnya, dalam bentuk kegiatan olahraga (basket, badminton, sepak bola), e-Sports, dan offline discussion sessions.

Menghargai Waktu Sesama eFisherian

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi semua orang, termasuk eFisherian. Itulah mengapa eFishery membuka ruang bagi eFisherian untuk mengatur waktu bekerja senyaman mungkin, sehingga semua bisa tetap memiliki waktu untuk keluarga, teman, bahkan diri sendiri. 

Setelah mengumumkan Work From Anywhere permanen di pertengahan tahun 2021 lalu, ratusan eFisherian dari seluruh Indonesia telah bergabung dengan eFishery. Lebih dari 700 eFisherian baru bergabung dan membuat dampak dari puluhan titik di seluruh Indonesia.

Kebijakan Work From Anywhere di eFishery membuka lapangan pekerjaan yang menyeluruh di Indonesia, karena jarak dan lokasi tidak lagi menjadi penghalang. Seseorang yang berasal dari sebuah kota kecil pun tidak harus merantau ke kota besar untuk bisa berkarir. Bahkan, kamu bisa bekerja dari rumah dan turut membawa dampak positif di tempat tinggalnya dengan membangun lingkungan sekitar dan memberikan dukungan nyata bagi sektor Akuakultur setempat.

Siapapun bisa menjadi bagian dari eFishery dan ikut Tumbuh Bersama memajukan industri Akuakultur di Indonesia, dan kelak, di seluruh dunia. 

Mengutip Chief of Staff kami, Chrisna Aditya, “Kami tahu sebagai perusahaan rintisan, menjadi terdepan dalam bidang teknologi Akuakultur menjadi misi terbesar kami saat ini. Namun, kesehatan jasmani dan mental dari para eFisherian tetap merupakan prioritas utama bagi kami.”

Tertarik untuk merasakan Work From Anywhere? eFishery sedang mencari 1.000 eFisherian yang akan turut membuat dampak untuk Pembudidaya, Indonesia, dan dunia melalui eFishery. Cek posisi yang cocok untukmu melalui situs resmi kami, profil LinkedIn, atau akun Instagram Life as eFisherians. Informasi yang diterbitkan rutin diperbaharui, lho! 

Sampai jumpa di eFishery!

Sumber: 

Related Post

logo efishery retina

Company

About eFishery

Blog

Contact Us

 

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

Download The App

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.