Frequently Asked Questions (FAQ) eFishery

eFishery adalah startup Teknologi Akuakultur pertama di Asia. Kami ada untuk mendukung Pembudidaya dan Petambak Indonesia untuk tumbuh dan berkembang dengan menyediakan teknologi terbarukan di bidang Akuakultur, sekaligus membuka akses ke pangan berbasis perikanan budidaya bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan kelak dunia.

  • eFeeder (Alat Pemberi Pakan Otomatis)

Alat pemberi pakan otomatis untuk budidaya ikan dan udang yang dikontrol menggunakan aplikasi di handphone. eFeeder 5, versi terbaru eFeeder dari eFishery, bisa dibeli melalui link berikut ini.

  • eFisheryKu (Aplikasi untuk Pembudidaya Ikan)

eFisheryKu adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan eFishery dengan tujuan memberikan solusi terkait kebutuhan akses ke pendanaan, pakan, penjualan hasil panen, serta edukasi tentang budidaya ikan. eFisheryKu bisa di-download di Google Play Store dengan klik di sini.

  • eFarm (Aplikasi untuk Pembudidaya Udang)

eFarm adalah aplikasi yang menyediakan solusi untuk berbagai permasalahan budidaya udang, dengan fitur lengkap untuk mewujudkan hasil panen udang dengan bobot maksimal. eFarm bisa di-download di Google Play Store dengan klik di sini.

  • eFresh (Aplikasi untuk Pembeli Ikan dalam Jumlah Besar)

eFresh adalah sebuah platform yang diluncurkan oleh eFishery dengan tujuan memudahkan pembeli mendapatkan suplai ikan berkualitas tinggi dari Pembudidaya dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan pasarnya. Untuk mengakses eFresh, klik di sini.

  • Kabayan (Layanan Penyediaan Akses ke Pendanaan)

Kabayan adalah salah satu layanan andalan eFishery, di mana Pembudidaya bisa mendapatkan pakan dan fasilitas pendukung budidaya dengan pembayaran tempo hingga 6 bulan. eFishery bekerja sama dengan lembaga finansial terpercaya yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Informasi lainnya seputar produk dan layanan kami bisa dilihat di:

eFeeder adalah alat pemberi pakan pintar yang dapat diatur dengan aplikasi di handphone Android. Alat ini akan menebar pakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan budidaya.

Untuk memesan eFeeder versi terbaru atau eFeeder 5, Bapak/Ibu bisa memesan melalui order.efishery.com atau melalui WhatsApp https://bit.ly/efeederku.

Harga eFeeder 5, eFeeder versi terbaru, saat ini adalah sebagai berikut:

Sewa:

  • eFeeder 5 untuk Ikan : Rp150.000,00/unit/bulan
  • eFeeder 5 untuk Udang : Rp715.000,00/unit/bulan

Beli: Rp8.688.900,00/unit (Termasuk pajak)

Satu unit eFeeder membutuhkan listrik 1 watt ketika standby dan 40 watt (eFeeder untuk Ikan) atau 120 watt (eFeeder untuk Udang) ketika menyala dan menebar pakan.



Tidak bisa diubah. eFeeder untuk Ikan hanya menebar pakan 90⁰ dan eFeeder untuk Udang menebar pakan ke semua arah secara 360⁰, sehingga pelontar pakan eFeeder bisa diatur dengan mengarahkan langsung ke arah kolam untuk menyesuaikan tebarannya.

  • eFeeder 5 bisa diatur menggunakan aplikasi eFeeder di handphone Android melalui Wi-Fi lokal yang terinstal di Control Box atau Cobox. Untuk eFeeder versi sebelumnya, Pembudidaya perlu berada dekat eFeeder, minimal 20 meter, untuk mengatur eFeeder.
  • eFeeder menerima perintah/pengaturan dari handphone Pembudidaya untuk menebar pakan, menghitung jumlah pakan yang ditebar, mengukur luas/jarak tebar pakan, atau mengatur durasi/frekuensi tebar pakan. Perintah ini disampaikan dari handphone Pembudidaya ke Cobox eFeeder yang bertindak seperti otak eFeeder & melanjutkan perintah ke bagian lain eFeeder.
  • eFeeder 5 yang baru saja diluncurkan akan menjadi produk digital yang truly IoT, dengan tersedianya opsi fasilitas tambahan untuk makin memudahkan Pembudidaya dalam menggunakan eFeeder 5.

Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda bisa langsung kontak akun WhatsApp Halo eFeeder di https://bit.ly/efeederku.

  • Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) 

Kabayan adalah fitur di mana Pembudidaya Ikan bisa mendapatkan akses ke layanan pendanaan dari lembaga finansial terpercaya yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembudidaya yang sudah lolos pengajuan bisa mendapatkan pakan dan fasilitas budidaya ikan lainnya dengan pembayaran tempo.

  • Beli Pakan 

Beli Pakan adalah fitur yang memudahkan Pembudidaya ikan melakukan pembelian pakan melalui eFisheryKu. Di area tertentu, Pembudidaya bisa memilih jenis pakan yang tersedia dan melakukan transaksi langsung dari eFisheryKu, dan pakan bisa langsung diambil atau dikirim ke kolam. Di area lainnya, Pembudidaya bisa melakukan transaksi pakan dengan berkomunikasi langsung dengan Tim eFishery setempat.

  • Lapak Ikan (baru tersedia di area tertentu)

Lapak Ikan adalah fitur bagi Pembudidaya ikan untuk menjual hasil panen mereka sebelum ikan diangkat dari kolam. Ikan hasil panen Pembudidaya akan dibeli dengan harga adil dan langsung dibayar.

  • Referral

Referal adalah fitur eFisheryKu yang memungkinkan member-nya eFisheryKu merekomendasikan aplikasi tersebut kepada Pembudidaya lain untuk mendapatkan hadiah menarik.

  • Fitur Tagihan 

Fitur Tagihan tersedia untuk mempermudah Pembudidaya ikan membayar tagihan Kabayan melalui eFisheryKu.

  • Cerita eFishery

Cerita eFishery adalah fitur edukasi berisi video-video cerita sukses Pembudidaya ikan yang sudah menggunakan layanan atau produk dari eFishery.

  • Nonton Bareng eFishery

Nontong Bareng eFishery adalah fitur di mana Pembudidaya ikan bisa menemukan video edukatif seputar budidaya ikan beserta tips dan triknya.

  • Video Bimbingan

Video Bimbingan adalah fitur di mana Pembudidaya ikan bisa menonton video tutorial seputar cara penggunaan aplikasi eFisheryKu dan fitur-fiturnya.

  • PromoKu

PromoKu adalah fitur di mana Pembudidaya Ikan bisa melihat promo atau voucher yang berlaku dan bisa dipakai untuk bertransaksi. 

Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) adalah layanan eFishery yang membuka akses bagi Pembudidaya ikan ke pendanaan dari lembaga finansial terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan Kabayan, Pembudidaya ikan bisa mendapatkan pakan, benih, dan sarana produksi budidaya lainnya dengan sistem pembayaran tempo hingga 12 bulan, dengan plafon hingga 2 milliar Rupiah.

Berikut adalah persyaratan pengajuan Kabayan:

  1. Pembudidaya Indonesia berusia 21-58 tahun.
  2. Aktif berbudidaya selama min. 1 tahun terakhir atau memiliki min. 2 kolam.
  3. Tidak memiliki riwayat utang buruk dengan pihak ke-3 (agen, pabrik, dsb.) atau hutang macet di lembaga finansial yang terdaftar di OJK.

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Tim eFishery melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp dengan klik link berikut: efi.sh/efishery.

Jika Anda ingin mengajukan untuk program Kabayan Kilat, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi eFisheryKu. Anda juga bisa melihat informasi selengkapnya di sini: https://youtu.be/wTb8bYaHk9E. Untuk Kabayan jenis lainnya, Anda bisa menghubungi tim Field Sales di eFisheryPoint area Anda.

Proses pengajuan dan verifikasi data untuk Kabayan Reguler membutuhkan maks. 15 hari kerja, sedangkan Kabayan Kilat membutuhkan maks. 10 hari kerja.

 Apabila Anda ingin menaikan limit/plafon Kabayan Anda, silakan hubungi kami melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery.

Silakan kirim informasi wilayah Anda melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery agar kami bisa menyampaikan informasi Anda ke Tim eFishery terdekat.

Jika Anda berada di wilayah Subang, Subang-Pamanukan, Cirata, Lombok, Tabanan, dan Gianyar, Anda bisa langsung membeli pakan melalui fitur Beli Pakan di aplikasi eFisheryKu. 

Jika Anda berada di luar wilayah tersebut, Anda juga bisa mendapatkan kontak Tim eFishery di wilayah Anda melalui fitur Beli Pakan di eFisheryKu. Selain itu, Anda bisa menghubungi Customer Service (CS) eFishery melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery. CS eFishery akan memberikan nomor Tim eFishery di wilayah Anda.

Apabila Anda ingin menjual ikan, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi eFisheryKu. Caranya:

  1. Buka aplikasi eFisheryKu dan pilih fitur Lapak Ikan.
  2. Isi data panen Anda secara lengkap dan tunggu kabar selanjutnya dari Tim eFishery.

Atau

  1. Infokan wilayah kolam Anda ke Customer Service (CS) eFishery melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery.

Ikan Anda akan dijual melalui platform eFresh di link fresh.efishery.com.

Anda bisa bisa beli ikan dalam jumlah besar di platform eFresh melalui link fresh.efishery.com. Di eFresh, Anda juga bisa melihat katalog ikan yang tersedia di setiap daerah.

  • Toko Budidaya

Toko Budidaya adalah tempat beli sarana pendukung budidaya udang di aplikasi eFarm. Melalui Toko Budidaya Anda bisa menemukan dan membeli pakan udang, vitamin, obat, eFeeder, peralatan budidaya, paket budidaya, dan layanan pendampingan.

  • Konsultasi Budidaya

Konsultasi Budidaya adalah fitur konsultasi online dengan Ahli Akuakultur dan Budidaya Udang untuk menjawab semua pertanyaan Anda seputar budidaya.

  • Pencatatan Budidaya

Pencatatan Budidaya adalah fitur yang membantu Petambak udang dalam pencatatan dan pemantauan data budidaya, hingga mendapatkan rekomendasi treatment dari Ahli Akuakultur eFishery.

  • Belajar Budidaya

Belajar Budidaya adalah fitur berisi tips & trik sukses budidaya udang dalam bentuk video yang dibawakan langsung oleh ahli & pakarnya di aplikasi eFarm.

  • Kalkulator Budidaya

Kalkulator Budidaya adalah alat hitung di aplikasi eFarm untuk mempermudah perhitungan dan mengetahui data estimasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan.

  • Acara Budidaya

Acara Budidaya adalah fitur yang memudahkan para petambak untuk mendaftar berbagai acara budidaya udang, baik online maupun offline, untuk memperkaya & berbagi ilmu dengan sesama Petambak.

  • Rencana Panen

Rencana Panen adalah fitur untuk catat data panen agar Petambak dapat kesempatan panennya dibeli dengan harga bersaing oleh eFishery.

Untuk menjual udang, Anda bisa menggunakan aplikasi eFarm. Caranya adalah buka aplikasi eFarm, lalu pilih fitur Rencana Panen. Anda juga bisa mengklik link berikut: https://efi.sh/web_renpan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir detail budidaya Anda. Setelah itu, Tim eFishery akan menghubungi Anda.

Anda bisa mendapatkan promo Gratis Ongkir dengan bertransaksi di eFarm. Buka aplikasi eFarm, lalu pilih fitur Toko Budidaya. Anda juga bisa mengklik link berikut: https://efi.sh/belanja_now. Promo Gratis Ongkir akan terpasang secara otomatis saat proses pembayaran (selama promo masih berlaku).

Apabila Anda ingin konsultasi perihal budidaya udang, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi eFarm. Caranya, buka aplikasi eFarm dan pilih fitur Konsultasi Budidaya atau melalui link berikut: https://efi.sh/daftar_efarm, lalu klik Mulai Konsultasi. Anda akan langsung terhubung dengan Ahli Akuakultur eFishery.

Anda bisa mendapatkan benur dari eFishery dengan mengontak Tim eFishery (FAD) terdekat.

ssessment atau proses verifikasi data Contract Farming adalah 5-7 hari kerja. Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi Tim eFishery yang melakukan survei ke tambak Anda.

Anda bisa mengirimkan proposal kerja sama ke email berikut: [email protected]

Anda bisa mengunjungi Halaman Karier eFishery atau follow akun Instagram Life as eFisherians untuk info terbaru seputar lowongan pekerjaan di eFishery.

Anda bisa mengunjungi eFisheryPoint terdekat untuk mendaftarkan diri sebagai Point Member. Selain itu, jika Anda adalah Pembudidaya ikan, Anda bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi eFisheryKu. Jika Anda adalah Petambak udang, Anda bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi eFarm.

Anda bisa menghubungi CS eFishery melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery. Setelahnya, CS eFishery akan menghubungkan Anda dengan tim terkait.

Anda bisa menghubungi CS eFishery melalui Instagram eFishery, Facebook eFishery, Twitter eFishery, atau WhatsApp eFishery dengan klik link berikut: efi.sh/efishery.