harga ikan mas

Ikan mas adalah ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga ikan mas di Indonesia pun sangat bersaing. Ikan yang dipercaya berasal dari Tiongkok ini sudah tersebar luas di Indonesia.

Konsumen ikan mas di Indonesia datang dari berbagai macam kalangan, mulai dari ibu rumah tangga hingga restoran kecil dan menengah. Akan tetapi, ikan mas yang beredar di pasaran belum tentu mempunyai kualitas yang tinggi dan harga yang bersaing.

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui ciri ikan mas yang berkualitas beserta harga ikan mas di pasaran!

Ciri-Ciri Ikan Mas Berkualitas Tinggi

Ikan mas yang berkualitas tinggi adalah ikan mas yang terlihat masih segar dari sisi manapun. Jika memiliki kualitas yang tinggi, ikan mas mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bapak/Ibu tidak disarankan untuk membeli ikan mas yang tidak terlihat segar karena ikan tersebut bisa menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri.

Jika masuk ke dalam tubuh manusia, bakteri-bakteri tersebut akan menjadi racun yang nantinya akan menimbulkan penyakit. Yuk, ketahui ciri-ciri ikan mas segar berkualitas tinggi berikut!

1. Warna Insang

Ikan mas berkualitas tinggi akan memiliki insang yang berwarna merah segar,bersih, serta basah. Semakin merah warna insang ikan mas, semakin tinggi kualitasnya.

Sebaliknya, jika insang ikan mas berwarna kecokelatan atau keabuan serta terlihat kering, ikan tersebut tidak segar atau tidak layak konsumsi. Untuk mengecek warna insang ikan, Bapak/Ibu bisa mengangkat penutup insang yang terletak di sisi kepala ikan.

2. Aroma

Tidak hanya bisa dilihat, ikan yang sudah tidak segar bisa diketahui dari aromanya. Ikan yang berkualitas tinggi memiliki bau khas yang segar, ringan, dan tidak mengganggu indra penciuman.

Akan tetapi, jika ikan tidak memiliki kualitas tinggi, baunya akan menyengat, amis, mengganggu, serta terasa seperti bangkai. Untuk memastikan kesegaran ikan, Bapak/Ibu bisa menyimpannya di freezer.

3. Tidak Mengandung Formalin

Formalin adalah bahan kimia yang berguna untuk mengawetkan benda yang mudah membusuk. Akan tetapi, formalin tidak boleh digunakan secara langsung dalam produk makanan. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin, Bapak/Ibu akan mengalami sakit perut, mual, dan muntah-muntah.

Ikan yang mengandung formalin akan memiliki bola mata yang pupilnya tenggelam, keruh, dan lendir. Insangnya berwarna keputihan dan tekstur kulitnya akan terasa keras.

Jika ikan yang sudah tidak segar akan berbau anyir, ikan yang berformalin akan berbau asam. Warna dagingnya juga cenderung pucat dan isi perutnya tidak utuh.

4. Kondisi Mata

Kondisi mata ikan mas sangat mudah terlihat walaupun tidak diperhatikan dengan saksama. Mata ikan segar yang berkualitas baik akan terlihat cerah, jernih, menonjol, dan kenyal. Jika tidak segar lagi, mata ikan mas akan cenderung mengerut, keruh, cekung, dan kemerahan.

5. Kondisi Daging Ikan

Ikan mas segar yang berkualitas tinggi memiliki tekstur daging yang lembut, kenyal, dan kencang. Cara mengecek kesegaran ikan adalah dengan menekan bagian perutnya menggunakan jari telunjuk. Apabila bentuknya kembali seperti semula, artinya ikan masih segar.

Akan tetapi, jika setelah ditekan bentuknya tidak kembali seperti semula, ikan sudah tidak segar dan tidak layak konsumsi. Ikan yang tidak segar juga terlihat kusam dengan tekstur yang lunak dan lembek.

Harga Ikan Mas Segar

Walaupun bentuk dan jumlahnya sama, harga ikan mas di berbagai daerah berbeda-beda. Hal ini dikarenakan bedanya harga pakan, biaya transportasi, dan biaya operasional dalam proses budidaya yang berbeda-beda di berbagai daerahnya. Untuk mendapatkan ikan mas segar dalam jumlah banyak, Bapak/Ibu bisa membelinya secara langsung di Pembudidaya, pengepul ikan, atau di eFresh dari eFishery.

eFresh adalah platform yang dibuat untuk memudahkan pembelian ikan segar dalam jumlah besar langsung dari Pembudidaya yang baru panen. Kualitas ikan mas di eFresh sudah terjamin kesegaran dan kualitasnya. Yuk, intip harga ikan mas per kg di eFresh!

Harga Ikan Mas Segar Per Kilogram di eFresh

SKUProvinsiHarga
Ikan Mas HidupAcehRp25.000
Ikan Mas HidupSumatera UtaraRp25.000-Rp28.000
Ikan Mas HidupRiauRp25.000
Ikan Mas HidupSumatera BaratRp22.000-Rp30.000
Ikan Mas HidupSumatera SelatanRp28.000
Ikan Mas HidupLampungRp21.000-Rp23.000
Ikan Mas HidupJawa BaratRp19.000-Rp27.000
Ikan Mas HidupJawa TengahRp26.000-Rp50.000
Ikan Mas HidupJawa TimurRp15.000-Rp25.000
Ikan Mas HidupBaliRp30.000
Ikan Mas HidupSulawesi UtaraRp35.000
Ikan Mas HidupSulawesi SelatanRp16.000
Ikan Mas HidupKalimantan BaratRp23.000-Rp28.000
Ikan Mas HidupKalimantan TengahRp25.000-Rp26.000
Ikan Mas HidupKalimantan SelatanRp25.000-Rp27.000

Baca Juga: Jual Ikan Nila Merah & Hitam Segar Harga Terupdate!

Pesan Ikan Segar yang Berkualitas Tinggi di eFresh

eFresh adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pembelian ikan segar langsung dari Pembudidaya yang baru panen. eFresh memudahkan transaksi penjualan ikan dengan jumlah yang besar. Ikan yang dijual di aplikasi eFresh dipastikan mempunyai kualitas panen terbaik dari para Pembudidaya di seluruh Indonesia.

eFresh memudahkan Pembudidaya ikan untuk menjual hasil panennya langsung kepada pembeli. Selain memudahkan Pembudidaya, eFresh juga memudahkan pembeli yang ingin mencari pasokan ikan untuk dijual kembali. Klik link di bawah untuk beli ikan mas segar di eFresh!

Related Post