produk bisnis tambak udang

Halo, Petambak! Berbudidaya udang adalah kegiatan yang berisiko tinggi. Namun, bisnis tambak udang memiliki potensi yang sangat menggiurkan. Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melaporkan bahwa nilai ekspor udang Indonesia di 6 bulan pertama menembus angka 45 Triliun Rupiah. Angka tersebut diestimasikan akan terus meningkat, sehingga peluang ekspor udang menjadi pintu terbuka bagi pegiat bidang budidaya udang.

Namun, di saat yang sama, bisnis tambak udang juga berisiko tinggi jika tidak dilakukan dengan benar. Udang sangat rentan terkena penyakit udang, seperti Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease (AHPND), Myo (Infectious Myonecrosis Virus), atau White Spot Syndrome Virus (WSSV). Penyakit-penyakit ini tidak mudah disembuhkan, namun bisa dicegah dengan langkah biosekuriti yang tepat dan bantuan produk budidaya udang yang sesuai.

Selain menjaga udang dari penyakit, produk budidaya udang juga bisa mendukung produktivitas usaha tambak udang Anda agar usaha tambak lebih maksimal. Bobot udang besar dan panen sukses, yang dihasilkan dari pertumbuhan udang yang baik dan stabil adalah impian semua Petambak udang, bukan? Produk budidaya udang yang tepat, seperti vitamin, disinfektan, mineral, dan probiotik bisa membuat usaha tambak Bapak/Ibu menjadi tempat yang kondusif untuk pertumbuhan udang.

Yuk, simak produk apa saja yang bisa bantu budidaya udang Anda jadi lebih maksimal!

 

7 Produk Budidaya Udang untuk Panen yang Maksimal!

 

1. ProteAQ MineralFix

bisnis tambak udang

ProteAQ MineralFix adalah salah satu mineral yang dapat membantu melancarkan proses molting pada udang dan memenuhi kebutuhan makro mineral penting dalam proses tersebut. Mineral ini dapat meningkatkan dan menjaga kestabilan nilai alkalinitas dan pH pada air tambak.

 

Rekomendasi Pemakaian

ProteAQ MineralFix dapat diaplikasikan pada kolam plastik, beton, atau kolam tanah untuk tahap persiapan sebelum tebar, sebelum periode molting, atau saat pemeliharaan udang.

 

Rekomendasi Dosis

Untuk kolam plastik/beton:

Sebelum ditebar 1-2 hari: 5 ppm 

Sebelum molting 2 jam: 4 ppm

Kultur: 3 ppm setiap 5-7 hari sekali

Untuk kolam tanah:

Sebelum ditebar 1-2 hari: 3 ppm 

Sebelum molting 2 jam: 2 ppm

Kultur: 2 ppm setiap 5-7 hari sekali

 

Kandungan

MgCl₂.6H₂O, MgSO₄.H₂O, KCl, NaCl, NaHCO₃, dan Zeolite

 

2. ProteAQ Stomi

elanco proteaq stomi

Selain ProteAQ MineralFix, ProteAQ Stormi juga merupakan produk mineral yang bisa membantu proses molting pada udang, dengan menjaga kestabilan nilai alkalinitas dan pH air tambak.

 

3. PROTEXIN Aquatech

elanco protexin aquatech

PROTEXIN Aquatech adalah probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan udang, menghambat pertumbuhan bakteri vibrio patogen, meningkatkan pertumbuhan udang, serta mengurangi kandungan NH₃ dan NO₂ sehingga dapat mempertahankan kualitas air pada tambak.

 

Rekomendasi Pemakaian

Pengaplikasian dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada pakan atau air tambak untuk meningkatkan daya cerna pakan oleh udang.

 

Rekomendasi Dosis

50 ppm atau 100 ppm ke pengisi secara bertahap

 

Kandungan

Probiotic Based on Bacillus Subtilis – PXN21

 

4. Vitamin Aqua C Fish Plus

elanco aqua c fish plus

Vitamin Aqua C Fish Plus dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan terhadap infeksi dari patogen dan meningkatkan performa pertumbuhan sehingga ukuran udang di bisnis tambak udang Anda bisa seragam. Vitamin ini juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asam organik yang dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

 

Rekomendasi Pemakaian

  • Dilarutkan ke dalam air, lalu dicampurkan dengan pakan pelet, kemudian direkatkan dengan minyak (oil binder), dan biarkan mengering selama 15 menit sebelum diberikan pada udang, atau
  • Dicampurkan dengan pakan rumahan (homemade) yang telah didinginkan.

 

Rekomendasi Dosis

2-3 gr/kg pakan untuk pengobatan sehari-hari. Setara dengan Asam Askorbat (A AE)/kg (200-300 mg/kg pakan).

 

Kandungan

Vitamin C 10%, Asam Organik 23% (Asam Format, Asam Laktat, dan Asam Ditrat), Essential Oil

 

5. Coforta A

elanco coforta a

Coforta A merupakan sumber fosfor organik yang mudah diserap dan berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh udang di bisnis tambak udang Anda. Suplemen ini dapat memulihkan kesehatan setelah shock effect karena perubahan lingkungan (mengurangi stres) dan mampu memulihkan kesehatan udang secara cepat (misalnya ketika panen parsial).

 

Rekomendasi Pemakaian

Dilarutkan ke dalam air, campurkan dengan pakan pelet, dan biarkan mengering selama 15 menit sebelum diberikan pada udang (DOC ke-20).

 

Rekomendasi Dosis

  • Untuk mencegah AHPND: DOC < 30 hari, aplikasikan setiap hari dengan pakan 3 gr/kg (sekali makan) 
  • Untuk growth promotor: DOC > 30 hari, aplikasikan 3 hari 7 hari libur dengan pakan 3-5 g/kg (2 kali makan/hari)

 

Kandungan

  • Butaphosphan (Organic Phophoric Acid) 100 mg
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin) 0,05 mg

 

6. Caforton OS

elanco caforton os

Caforton OS merupakan sumber fosfor organik yang mudah diserap dan berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan udang di bisnis tambak udang Anda. Suplemen ini dapat memulihkan kesehatan setelah shock effect karena perubahan lingkungan (mengurangi stres) dan mampu memulihkan kesehatan udang secara cepat (misalnya ketika panen parsial).

 

Rekomendasi Pemakaian

Dilarutkan ke dalam air, campurkan dengan pakan pelet, dan biarkan mengering selama 15 menit sebelum diberikan pada udang (DOC ke-20).

 

Rekomendasi Dosis

Untuk indukan:

  • Pakan komersial: Campurkan pakan Coforton OS 3-5 ml/kg secara terus menerus.
  • Memperkaya cacing darah: Campurkan Coforton OS 3-5 ml/kg cacing darah bersih selama 15-20 menit sebelum memberi makan.

Untuk larva:

  • Zoea-Mysis: Coforton OS 2-3 ml/m³. Gunakan sebelum transformasi larva. Larutkan produk dalam air bersih, kemudian disiram ke tangki pembibitan.
  • Pos (PL): Coforton OS 3-5 ml/1 juta PL. Campur langsung ke pakan sebelum makan (2-3 kali per hari).
  • Larva Lemah (tertunda dalam transformasi): Coforton OS meningkat 5-7 ml/m3. Larutkan produk dalam air bersih, kemudian disiram ke tangki pembibitan.

 

Kandungan

Butaphosphan (Organic Phophoric Acid) 100 mg dan Vitamin B12 (Cyanocobalamin) 0,05 mg

 

7. Aquasept 3.0

elanco aquasept 3

Aquasept 3.0 adalah disinfektan yang berfungsi untuk membunuh bakteri, virus, spora jamur, dan jamur pada proses persiapan air tambak yang dapat menyebabkan penyakit pada udang.

Aquasept 3.0 dapat menjaga rasio keseimbangan air sehingga pengelolaan air dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat.

 

Rekomendasi Pemakaian

  • Pengaplikasian dapat disesuaikan dengan kondisi dan kualitas air pada tahap persiapan tambak.
  • Jangan digunakan untuk breeding (indukan) udang.
  • Gunakan air setelah 12 jam pengaplikasian produk dan aerasi.

 

Rekomendasi Dosis

  • Tahap persiapan air (1 tablet/5 m³) = 1 ppm. Disinfeksi air dan dasar (membunuh vibrio dan bakteri patogen).
  • Kolam penampung (1 tablet/10-20 m³) = ¼-½ ppm. Disinfeksi (air dan dasar), mengurangi asam besi, dan mengurangi bahan organik.
  • Conditional Vibrio (masa kultur, DOC > 30)(1 tablet/30-40 m³) = 1/8 – 1/6 ppm.

 

Kandungan

Sodium Dicloroisocyanurate (NaDCC)

Belanja Produk Usaha Tambak Udang di Toko Budidaya!

bisnis tambak udang

Itu dia beberapa produk budidaya udang yang dijamin bermanfaat untuk bantu bisnis tambak udang Anda agar terhindar dari wabah penyakit dan pastinya panen jadi lebih maksimal. Kalau masih ragu, langsung buktikan sendiri aja! 

Semua produk di atas bisa Anda dapatkan di Toko Budidaya di aplikasi eFarm ya. Tenang saja, produknya dijual dengan harga terjangkau & ada banyak promo! Ayo, kunjungi eFarm dengan klik link di bawah ini!

Related Post