ciri ciri udang sehat dan sakit

Ciri-ciri udang yang sehat dan sakit penting untuk diketahui karena penyakit yang menjangkit udang kadang tidak bisa dihindari keberadaannya. Walaupun Bapak/Ibu sudah merawat udang dengan baik serta memberikan antibiotik dan vitamin dengan teratur, penyakit masih bisa menyerang udang. Jika sudah terserang penyakit, udang sakit pun harus dipisahkan dari udang yang sehat agar penyakitnya tidak menular.

Maka dari itu, Bapak/Ibu Petambak harus memperhatikan kondisi udang dengan lebih jeli agar mengetahui gejala apa yang muncul pada udang. Untuk mengetahui hal tersebut, yuk baca artikel ini sampai habis!

Ciri-Ciri Udang yang Sehat

ciri ciri udang sehat
Sumber: Dokumentasi eFishery

Ciri-ciri udang yang sehat sangat penting untuk Bapak/Ibu ketahui karena hanya udang sehat yang boleh dipanen dan dijual. Mencegah penyakit agar tidak hinggap di udang harus dilakukan sejak awal siklus budidaya. Untuk itu, Bapak/Ibu bisa memperhatikan beberapa aspek seperti kualitas lingkungan tambak, benur yang ditebar, air, vitamin, dan pakan.

Jika udang sudah dibudidayakan dengan memperhatikan kualitas yang disebutkan di atas, kemungkinan penyakit untuk menghinggapi udang akan menjadi kecil. Baca terus untuk mengetahui ciri-ciri udang yang sehat tanpa penyakit!

1. Warna Kulit

Udang sehat akan memiliki kulit yang cerah dan bersih. Udang yang memiliki kulit kusam adalah udang yang sudah terkena penyakit. Sebaiknya, Bapak/Ibu memisahkan udang tersebut dari udang lain karena penyakit yang ada bisa menular dengan cepat.

2. Gerak-Gerik Udang

Jika sehat, udang akan bergerak dengan aktif di tambak. Pergerakan yang aktif menandakan kalau organ dalam tubuh udang bekerja dengan sempurna. 

3. Anggota Tubuh Udang

Untuk memastikan kesehatan udang, Bapak/Ibu bisa melihat dari kelengkapan tubuhnya juga. Udang yang sehat akan mempunyai anggota tubuh yang utuh, mulai dari kepala hingga ujung ekor. Tidak ada bagian tubuh yang berkurang ataupun rusak.

4. Kondisi Usus Udang

Udang yang sehat dapat dilihat dari ususnya yang penuh dan tak terputus. Jika kondisi usus udang penuh dengan makanan, akan terlihat garis hitam penuh yang tak terputus di punggung udang dari ujung ke ujung. Hal ini mengindikasikan bahwa udang dalam keadaan sehat, baik dari segi pencernaan maupun penyerapan nutrisi pada pakan.

5. Warna Insang Udang

Sama seperti ikan, udang juga bernafas dengan insang. Warna insang udang yang sehat adalah cerah kemerahan. Namun, mengecek kondisi insang udang di tambak satu per satu tidaklah mudah. Untuk itu, jika ingin mengetahui kondisi kesehatan udang cukup dilihat dari pergerakan, warna, dan keutuhan anggota tubuhnya saja.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengelola Tambak Udang

Ciri-Ciri Udang Terserang Penyakit

Bapak/Ibu perlu mengenali ciri-ciri udang sakit supaya bisa segera melakukan penanganan dini untuk mengatasinya. Berikut ciri-ciri udang terserang penyakit yang harus diketahui agar dapat melakukan pengendalian sejak dini.

1. Kondisi Perut dan Gerak-Gerik Udang

Sama seperti manusia, ketika terserang penyakit, udang juga kehilangan nafsu makannya. Akibat tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh udang, perut udang pun akan menjadi kosong. Jika sudah begini, udang akan malas bergerak karena tidak ada tenaga dan energi yang bisa dipakai.

2. Warna Tubuh dan Jaringan Otot Udang

Udang yang terserang penyakit akan terlihat lebih pucat dari udang sehat. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kulit udang mengeras dan membuat jaringan otot berwarna putih pucat dan keruh. Selain akan terlihat pucat, akan muncul warna yang tidak biasa di tubuh udang, seperti bintik hitam, bintik putih, atau udang yang akan memerah seperti sudah direbus.

Warna insang udang yang biasanya merah segar juga akan memucat. Jika sudah seperti itu, penyakit yang ada di udang sudah bertambah parah. Di kondisi ini, Bapak/Ibu sangat disarankan untuk memisahkan udang yang sakit dari udang yang sehat.

3. Terdapat Benang Putih di Tubuh Udang

Jika udang Bapak/Ibu terkena penyakit Kotoran Putih, di sekitar tubuhnya akan terdapat benang putih yang berasal dari feses. Penyakit ini menyerang sistem pencernaan udang dan bersifat mematikan.

udang di anco
Sumber: Dokumentasi eFishery

Untuk memonitor kesehatan udang secara berkala, Bapak/Ibu disarankan untuk melakukan pengamatan kesehatan setiap hari. Pengamatan dilakukan dengan mengecek udang di anco. Udang yang tertangkap di anco dianggap mewakili kondisi keseluruhan udang di dalam kolam.

Hal ini dikarenakan anco merupakan miniatur dari lingkungan kolam. Pengamatan bisa dilakukan dengan mengecek kondisi tubuh udang, warna udang, dan gerak-gerik udang secara visual, baik terhadap udang maupun anco. 

Belajar Lebih Lanjut Seputar Penyakit Udang di Belajar Budidaya eFarm!

Selain ciri-ciri yang sudah dibahas di atas, masih ada banyak ciri-ciri udang sakit yang memerlukan analisis lebih dalam lagi. Untuk belajar lebih lanjut mengenai penyakit udang, Bapak/Ibu bisa menggunakan fitur Belajar Budidaya yang ada di aplikasi eFarm dari eFishery.

eFarm adalah aplikasi dari eFishery yang menyediakan berbagai solusi untuk permasalahan budidaya udang Bapak/Ibu. Selain fitur Belajar Budidaya, di eFarm Bapak/Ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan ahli Akuakultur yang siap memberikan pendampingan untuk menanggulangi masalah budidaya Bapak/Ibu. 

Tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi eFarm di Google Play Store!

Related Post