pinjaman budidaya efishery lifepal

Bagi pelaku bisnis budidaya ikan, permodalan adalah masalah utama yang kerap kali menjadi pokok perhatian. Tak sedikit yang berhutang kepada tengkulak karena kesulitan memperoleh akses pembiayaan dari bank, berujung pada meningkatnya biaya operasional dan rendahnya laba bersih mereka. 

Ada dua karakteristik dari hutang (pinjaman) produktif yang patut dicermati pembudidaya. Pinjaman itu dapat meningkatkan penghasilan di masa depan dan dapat meningkatkan nilai kekayaan di masa yang akan datang. Namun, kedua karakteristik ini harus diperhatikan secara teliti agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Untuk meningkatkan literasi finansial para pembudidaya, eFishery dan Lifepal mendiskusikan isu hutang piutang dan pinjam meminjam untuk keperluan bisnis budidaya ikan pada acara Instagram Live eFishery x Lifepal pekan lalu. 

Di acara tersebut, Diajeng Reisa Manik, Financing & Risk Manager eFisheryMall berbincang dengan Aulia Akbar, CFP®, Financial Educator dari Lifepal, seputar pendanaan yang cerdas untuk pembudidaya di Indonesia, terutama mengenai bagaimana berhutang dengan perhitungan yang baik untuk memastikan perkembangan bisnis yang positif.

Mari kita ulas faktor apa saja yang penting diperhatikan oleh Sahabat Pembudidaya sebelum mengajukan pinjaman produktif!

  1. Cicilan hutang per bulan maksimal 35% dari jumlah penghasilan
  2. Jumlah hutang maksimal 50% dari total nilai aset
  3. Ajukan pinjaman saat sudah memiliki dana darurat
  4. Lindungi keluarga Anda secara finansial sebelum berhutang

Melalui layanan eFisheryFund, eFishery menghubungkan pembudidaya langsung dengan institusi keuangan sehingga pembudidaya dapat menikmati layanan Kabayan (Kasih Bayar Nanti), yaitu fasilitas pembiayaan bertempo yang menyediakan akses pembiayaan untuk Sahabat Pembudidaya ikan.

eFisheryKabayan membantu Sahabat Pembudidaya mendapatkan fasilitas sarana produksi perikanan dari eFishery, seperti eFisheryFeeder dan pakan dari eFisheryFeed, dengan sistem tenor yang fleksibel hingga 6 bulan. Selain itu, fasilitas pembiayaan ini juga dilengkapi dengan asuransi kecelakaan diri dan asuransi gagal panen jika terjadi bencana sehingga pembudidaya dapat berbudidaya dengan aman dan tenang.

eFishery juga membangun fasilitas eFisheryPoint di seluruh Indonesia untuk mempermudah pembudidaya memperoleh berbagai informasi seputar teknologi budidaya perikanan dan juga berpartisipasi dalam kegiatan edukatif lainnya, salah satunya seminar peningkatan literasi finansial. Saksikan siaran ulang diskusi eFishery x Lifepal dengan klik di sini! Jangan ragu untuk mengontak kami & bertanya seputar eFisheryKabayan, ya!

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Tentang eFishery

Blog

Hubungi Kami

Term & Conditions

 

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.