cerita budidaya ikan patin

Cerita Budidaya: Budidaya Ikan Patin Makin Untung Pakai eFeeder!

Ikan patin, yang juga dikenal di pasaran sebagai ikan dori/ikan dory, adalah salah satu komoditas budidaya yang paling dicari, terutama oleh bisnis Horeka dan industri rumahan. Rasa dagingnya yang lezat dan unik sangat mengundang selera ketika disajikan. Budidaya ikan patin bisa menjadi bisnis yang menguntungkan apabila menerapkan manajemen budidaya yang akurat, terutama dengan cara menebar pakan secara efisien.

Itulah yang dialami oleh Pak Eric Sinto Juniawan, atau yang lebih akrab dipanggil Pak Eric. Beliau adalah salah satu Pembudidaya ikan patin di Banyuasin, Sumatera Selatan, yang sudah berbudidaya sejak tahun 2012. Beliau juga seorang Pembudidaya yang setia menggunakan eFeeder dari eFishery sampai sekarang. 

cerita budidaya ikan patin

Pak Eric berkenalan dengan eFeeder pada acara Mega Sarasehan eFishery yang diadakan tahun 2019 lalu, dalam rangka peluncuran eFisheryFeeder besar-besaran. Di saat itu, Pak Eric langsung memesan 10 unit untuk kolamnya. 

Hari ini, Pak Eric memiliki 17 kolam ikan yang ia gunakan untuk budidaya ikan patin. Setiap kolam memiliki jumlah tebar bibit yang berbeda-beda, dari mulai 10.000 hingga 25.000 ekor/kolam. Ada 15 kolam yang masing-masing dilengkapi dengan 1 unit eFeeder aktif. Setiap kolam memiliki ukuran yang bervariasi, dari 15×20 meter hingga 30×30 meter. Namun, ukuran kolam yang beragam bukan jadi kendala ketika menggunakan eFeeder.

eFeeder di kolam Pak Eric diletakkan di pinggir kolam untuk memaksimalkan pelontaran pakan. Saat ini, beliau menggunakan pengaturan Advance, dengan jadwal penebaran pakan 2 kali sehari, pagi-siang hari dan siang-malam hari. Pengaturan ini dipilih untuk mengoptimalkan jumlah pakan yang dimakan oleh ikan, sehingga tidak ada pakan yang terbuang. Dalam satu hari, total 100-200 kg pakan habis ditebar untuk budidaya ikan patin Pak Eric. Namun, angka tersebut terhitung menguntungkan jika dibandingkan dengan hasil panennya. 

Feed Conversion Ratio (FCR) budidaya Pak Eric terhitung stabil di perbandingan 2:1. Selain itu, ukuran ikan yang dipanen memiliki ukuran yang rrelatif sama, yaitu 5-8 ons/ekor. Menjaga kestabilan FCR dan ukuran ikan sangat sulit jika melakukan pemberian pakan secara manual. Tapi dengan menggunakan eFeeder, FCR dan ukuran ikan bisa terjaga dengan baik.

Selain menjaga efisiensi pakan dan ukuran ikan, Pak Eric juga merasa sangat terbantu dengan adanya eFeeder. Proses pemberian pakan yang biasanya sangat menguras energi dan waktu bisa dilakukan secara otomatis. Pak Eric bisa mengatur sendiri kebutuhan pemberian pakan yang dibutuhkan dengan hanya menggunakan handphone. Pak Eric bisa mengatur sendiri semuanya, mulai dari durasi, jumlah, frekuensi, hingga jadwal pemberian pakan. 

eFeeder tidak hanya membantu Pak Eric mendapatkan hasil panen yang memuaskan, tapi juga menjaga efisiensi modal, sumber daya, hingga waktu budidaya. Beliau menemukan kemudahan dan kenyamanan dalam berbudidaya dengan bantuan eFeeder dari eFishery.

Sekian Cerita Budidaya Pak Eric dengan eFeeder dari eFishery! Rasakan mudahnya menebar pakan yang efektif seperti Pak Eric dengan dukungan eFeeder!

Related Post

logo efishery retina

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.