cara menaikkan ph air

pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. pH air yang sesuai atau yang sama dengan habitat alami ikan sangat penting untuk tumbuh kembang ikan. Terkadang, pH air yang ada di kolam ikan terlalu rendah. Hal tersebut bisa mengganggu pertumbuhan ikan, bahkan bisa membunuh ikan yang dibudidayakan. Yuk, simak artikel ini untuk tahu cara menaikkan pH air di kolam ikan!

Mengenal Kualitas pH Air Kolam Ikan

ph air kolam ikan
Sumber: Dokumentasi eFishery

pH adalah singkatan dari Power of Hydrogen yang merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air. Skala pH terdiri dari 0 hingga 14. Air yang memiliki nilai pH di bawah 7 diindikasikan sebagai air yang bersifat asam, sedangkan air yang nilai pHnya di atas 7 diindikasikan sebagai air yang bersifat basa.

Akan tetapi, jika air memiliki nilai pH 7 artinya air tersebut netral, alias tidak basa maupun asam. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel pH air berikut!

tabel ph air kolam
Tabel pH Air Kolam

Kadar pH air sangat dipengaruhi oleh kandungan kimia di dalamnya. Karena itulah pH sering digunakan sebagai indikator apakah air tersebut mengalami perubahan kimiawi atau tidak. Air dengan pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, masing-masing memiliki efek samping.

Ikan paling suka hidup di air yang pHnya netral karena sesuai dengan habitat alami mereka. Akibat pH air rendah pada ikan adalah terganggunya pertumbuhan dan kesehatan ikan. Maka dari itu, Bapak/Ibu disarankan untuk mengawasi dengan betul kadah pH air kolam ikan.

Untuk mengetahui pH air kolam, Bapak/Ibu dapat menggunakan pH meter digital yang bisa didapatkan di toko yang menjual alat-alat budidaya dan toko online manapun.

Baca Juga: Jaga Kualitas Air Kolam Ikan Lele dengan Cara Berikut!

Penyebab pH Air Kolam Rendah

Salah satu penyebab pH air kolam rendah adalah kurangnya kandungan oksigen yang ada di air kolam. Jika kandungan oksigen di air kolam rendah, kandungan karbon dioksida akan menjadi tinggi.

Hal tersebut dapat memicu naiknya konsentrasi ion hidrogen yang membuat kadar pH di air menurun dan air akan menjadi asam. Karbon dioksida yang ada di dalam air berasal dari polusi yang dibawa oleh udara.

Selain rendahnya kandungan oksigen, angka pH air yang ada di bawah 7 disebabkan oleh proses dekomposisi bahan organik. Dekomposisi adalah proses pembusukan yang terjadi pada bahan organik yang terkandung di air.

Bahan organik yang mengandung unsur karbon akan melepaskan banyak karbon ke air ketika terjadinya dekomposisi karena mudah teroksidasi. Akibatnya, kandungan karbon dioksida yang banyak ini akan menurunkan pH air dan mengubah air menjadi asam.

Air yang awalnya netral bisa menjadi asam karena kandungan karbon yang dapat meningkatkan ion hidrogen sehingga pH akan menurun. Bahan organik ini bisa datang dari sisa pakan yang Bapak/Ibu berikan terlalu banyak kepada ikan.

Cara Menaikkan pH Air Kolam Ikan

Cara menstabilkan pH air kolam ikan Bapak/Ibu yang asam atau memiliki pH di bawah 7 adalah dengan memberikan saringan di kolam ikan. Saringan tersebut bisa dibuat dari pecahan koral dan pecahan kulit kerang yang dicampur dengan potongan batu kapur dan diletakkan di saluran aerasi kolam. 

Selanjutnya, bahan yang berfungsi untuk menaikkan ph air adalah batu kapur. Bapak/Ibu bisa meletakkan batu kapur di dasar kolam. Bapak/Ibu bisa menggunakan bongkahan batu kapur agar ukurannya tidak menyusut dan tahan lama jika terkena air.

Selain itu, untuk menaikkan pH air supaya tidak terlalu asam dapat menggunakan batu karang pantai. Sama seperti batu kapur, Bapak/Ibu cukup meletakkan batu karang pantai tersebut di dasar kolam ikan.

Kuncinya, gunakan banyak batu karang pantai agar proses kenaikan pH bisa semakin cepat. Yuk, terapkan cara menetralkan pH air kolam ikan di atas!

Cegah Dekomposisi Pakan dengan eFeeder 5

Salah satu penyebab menurunnya angka pH air di kolam ikan adalah adanya proses dekomposisi. Proses dekomposisi terjadi karena banyaknya bahan organik yang berasal dari sisa pakan di air kolam. eFeeder 5 hadir agar Bapak/Ibu memberi makan ikan dengan jumlah yang pas dan tidak berlebih.

Selain dapat mengoptimalkan pemberian pakan, eFeeder 5 juga dapat membantu Bapak/Ibu kapan pun di waktu yang sudah ditentukan. eFeeder 5 dapat melontarkan pakan sejauh 15 meter, sehingga pakan dapat tersebar secara merata ke seluruh tambak. eFeeder 5 bisa diatur di mana saja di area kolam Bapak/Ibu dengan menggunakan handphone.

Dengan teknologi terkininya yang makin memaksimalkan budidaya, eFeeder 5 akan membuat penebaran pakan serta pencatatan datanya menjadi lebih efektif dan optimal.

Related Post