perbedaan ikan nila jantan dan betina

Perbedaan ikan nila jantan dan betina sangat penting diketahui bagi Pembudidaya ikan nila. Manfaatnya sangat banyak jika Bapak/Ibu mengetahuinya. Mulai dari pembenihan bibit nila unggul sampai pemisahan pada kolam untuk menghindari sifat agresif dari ikan nila.

Sifat agresif dari ikan nila juga dapat muncul ketika ada ikan nila betina di dalam kolam. Nila jantan akan berusaha memperebutkan nila betina, sehingga pejantan akan bersifat agresif antara satu sama lain. Inilah alasan beberapa Pembudidaya memisahkan Ikan nila jantan dan betina.

Membedakan ikan nila jantan dan betina jadi penting bukan? Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap dan jelas kunci untuk membedakan ikan nila jantan dan betina. Mari kita lihat!

Perbedaan Ciri-Ciri Ikan Nila dengan Ikan Budidaya Lainnya

perbedaan ikan nila dan mujair

Terdapat beberapa jenis ikan yang mirip dengan ikan nila, seperti ikan mujair dan gurame. Maka dari itu, penting bagi Bapak/Ibu untuk bisa membedakan ikan nila dengan kedua ikan tersebut.

Apa saja perbedaannya? Mari kita simak!

  • Ekor ikan nila memiliki garis vertikal sedangkan ikan mujair tidak punya garis tersebut
  • Ujung sirip ikan nila tidak berwarna merah sedangkan ikan mujair berwarna merah
  • Ikan nila memiliki mulut yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan mujair
  • Ikan nila memiliki badan yang lebih besar dan membulat sedangkan ikan mujair bentuk badannya tidak terlalu membulat dan lebih kecil dibanding ikan nila

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair!

5 Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Perbedaan ikan nila jantan dan betina perlu kita ketahui, terutama untuk proses pembenihan ikan nila. Terdapat beberapa ciri utama yang membedakan ikan nila jantan dan betina. Ini dia 5 perbedaan ikan nila jantan dan betina!

perbedaan ikan nila jantan dan betina

1. Bentuk Alat Kelamin

Alat kelamin jantan berbentuk sedikit meruncing, sedangkan alat kelamin betina berbentuk oval dan akan mengeluarkan cairan (sel telur) bila dipijat.

2. Warna Tubuh

Ikan nila jantan memiliki warna tubuh yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan nila betina.

3. Bentuk Perut

Ikan nila betina memiliki perut yang buncit, sedangkan ikan nila jantan punya perut yang lebih ramping.

4. Berat dan Panjang Tubuh

Ikan nila jantan memiliki berat berkisar antara 400 gram sampai 600 gram dengan panjang tubuh 16-25 cm, sedangkan berat ikan nila betina berkisar antara 300 gram sampai 500 gram dengan panjang tubuh 14-20 cm.

5. Warna Dagu dan Hidung

Dagu ikan nila jantan berwarna merah kehitaman dengan hidung melebar berwarna biru muda. Berbeda dengan jantan, ikan nila betina memiliki dagu yang berwarna keputih-putihan dengan hidung yang lancip berwarna terang.

Baca Juga: Tips Cara Budidaya Ikan Nila Cepat Panen dan Untung Besar!

Permudah Segala Proses Budidaya Ikan Nila dengan eFisheryKu

Apakah Bapak/Ibu berminat untuk budidaya ikan nila dan ingin mengembangkan bisnis budidaya dengan cepat? Jika benar eFishery dapat membantu mewujudkan cita-cita itu!

eFishery menciptakan ekosistem Akuakultur untuk memberi solusi menyeluruh bagi Pembudidaya ikan, udang, dan konsumen. Kami menyediakan berbagai layanan dan produk, dari akses ke lembaga pendanaan, fasilitas sarana budidaya, hingga pakan dan benih yang bisa dibayar nanti. Sejauh ini, eFishery telah berdampak positif bagi lebih dari 30.000 Pembudidaya!

eFishery juga menyediakan aplikasi eFisheryKu yang dapat diunduh melalui aplikasi Google Play Store. eFisheryKu adalah aplikasi serba ada untuk Pembudidaya ikan, dari akses pinjaman modal usaha (Kabayan) hingga akses jual beli ikan. Ayo tumbuh bersama eFishery untuk memajukan bisnis Akuakultur!

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.