budidaya ikan gurame

Budidaya ikan gurame menjadi salah satu budidaya perikanan yang menghasilkan cuan yang besar. Ikan gurame terkenal sebagai makanan mewah yang harga jualnya tinggi.

Tak hanya itu, ikan gurame juga tidak cerewet ketika dibudidayakan. Ikan gurame dapat hidup pada berbagai kondisi lingkungan dan kualitas air.

Bapak/Ibu ingin mulai ternak ikan gurame dengan modal kecil? Berapa modal yang diperlukan untuk memulai membudidayakan ikan gurame? Pertanyaan tersebut akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini!

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame memiliki peluang usaha yang besar hal ini karena jenis ikan ini lezat dan kaya nutrisi, sehingga banyak peminatnya. Ikan gurame memiliki manfaat kesehatan yang baik, mulai dari bantu jaga kesehatan jantung, baik untuk perkembangan otak, hingga bantu jaga berat badan.

Meskipun banyak permintaan pasar dari ikan gurame, namun saat ini produksi ikan gurame masih sedikit. Hal ini karena, stigma negatif bahwa pertumbuhan ikan gurame yang lambat. Akan tetapi, hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang budidaya ikan gurame.

Jika Bapak/Ibu dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, seperti budidaya intensif, pakan bermutu dan strategi pemberian pakan, maka ikan dapat tumbuh lebih cepat.

Analisis Modal Usaha Budidaya Ikan Gurame

Berapa modal yang diperlukan dalam budidaya ikan gurame? Jumlah modal bergantung pada skala bisnis ternak ikan gurame yang Bapak/Ibu akan buat. Jika skala yang Bapak/Ibu buat besar maka modalnya akan mahal. 

Namun Bapak/Ibu dapat memulainya dengan modal kecil. Berikut kami sajikan analisa usaha budidaya ikan gurame dengan modal kecil.

Alat dan Bahan Harga
Terpal (80 m2) Rp880.000
Bibit Ikan Gurame (1.500 ekor) Rp2.250.000
Ember untuk Operasional Rp120.000
Pelet (25 sak untuk 1.500 ekor) Rp6.250.000
Vitamin dan Obat Rp500.000
Total Rp10.000.000

Jika Bapak/Ibu ingin membudidayakan sebanyak 1.500 ekor ikan, Bapak/Ibu dapat mengumpulkan modal kasar sekitar Rp10.000.000. Lalu berapa keuntungan yang diperoleh?

Apabila kita asumsikan dalam 8 bulan ikan gurame Bapak/Ibu memiliki tingkat keberhasilan 85% maka jumlah ikan yang dapat panen yaitu 1.275. Jika bobot rata-rata ikan 800 gram/ekor maka total bobot ikan yang dapat dipanen yaitu sebesar 1.020 kg

Dengan harga Rp40.000/kg maka sekali panen Bapak/Ibu dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp40.800.000.

Total Bobot Ikan Harga per Kg Total Keuntungan /panen
1.020 kg Rp40.000 Rp40.800.000

3 Keunggulan Ternak Ikan Gurame Dibandingkan Ikan Lainnya

Budidaya ikan gurame memiliki peluang usaha yang besar. Bapak/Ibu dapat melihat hal ini dari beberapa faktor, seperti permintaan pasar, harga, dan kompetitor.

1. Permintaan Pasar

Ikan gurame memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga banyak digemari. Permintaan ikan gurame ini terus meningkat setiap tahunnya, sehingga hal ini menjadi peluang bagi Pembudidaya ikan gurame.

Konsumen dari ikan gurame juga mayoritas dari kalangan menengah atas karena harganya yang mahal. Bapak/Ibu dapat menjual gurame ke restoran yang menyediakan menu ikan gurame.

2. Harga Jual yang Tinggi

Ikan gurame memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti ikan nila dan mas. Harga dari ikan gurame berada pada kisaran Rp 40.000-45.000, sedangkan ikan nila hanya seharga Rp30.000-35.000.

3. Minim Kompetitor

Ikan gurame memiliki kompetitor yang sedikit sehingga Bapak/Ibu akan lebih mudah menjual ikan hasil budidaya. Hal ini karena, waktu budidayanya sedikit lebih lama dibandingkan ikan lainnya. Namun, dengan kesabaran dan ketekunan, Bapak/Ibu dapat sukses dalam ternak ikan gurame.

Cara Budidaya Ikan Gurame yang Tepat

Budidaya ikan gurame tentunya membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Namun, kesuksesan dapat menjadi motivasi untuk terus melangkah. Cara budidaya ikan gurame juga harus dilakukan dengan efektif, agar budidaya dapat sukses.

Ini dia 5 cara ternak ikan gurame yang tepat!

1. Persiapan Kolam

Agar dapat membuat kolam yang baik, Bapak/Ibu harus memilih lokasi yang tepat. Lokasi kolam harus mendapat cahaya matahari secara langsung. Selain itu, suhu kolam pastikan pada rentang 26-28 derajat celcius agar ikan gurame tumbuh optimal.

Bapak/Ibu dapat membuat kolam berukuran 8 x 10 x 1 meter. Jenis kolam dapat berupa kolam terpal, kolam tanah, atau kolam semen.

Sebelum memasukan ikan gurame, Bapak/Ibu juga perlu menambahkan kapur pertanian sebanyak 200 gram per meternya.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit ikan gurame yang unggul menjadi faktor kesuksesan dalam budidaya. Pilihlah bibit berukuran 2 cm yang lincah dan sehat. Umumnya bibit yang baik memiliki bobot sekitar 100 gram.

3. Pemberian Pakan 

Dalam pemberian pakan, Bapak/Ibu perlu memperhatikan beberapa faktor penting, mulai dari jenis pakan, frekuensi pemberian pakan, dan jumlah pakan yang diberikan. Bapak/Ibu juga dapat memberikan pakan alternatif seperti maggot, dedak, ampas tahu, dan bekicot.

4. Pemeliharaan Ikan Gurame

Bapak/Ibu perlu menjaga kualitas air agar ikan gurame tidak terserang penyakit. Buatlah sirkulasi air yang baik sehingga kualitas air dapat terjaga.

Selain itu, Bapak/Ibu juga dapat menambahkan eceng gondok untuk mencegah sinar matahari yang berlebihan.

5. Proses Pemanenan

Sebelum proses pemanenan, hendaknya Bapak/Ibu mencari pembeli ikan gurame, bisa dari pengepul maupun restoran. Dengan demikian, saat panen ikan gurame segar dapat langsung dijual. Selain itu, juga penting dilakukan proses sortir untuk memastikan gurame berkualitas yang dijual.

Perlu Modal Budidaya Ikan Gurame? Kabayan Ciptakan Kemudahan!

budidaya ikan gurame dengan kabayan

Bapak/Ibu sudah memahami sebelumnya budidaya ikan gurame, dari analisis ekonomi hingga langkah strategis budidaya. Dari hal itu, mungkin Bapak/Ibu sudah berniat untuk memulai budidaya, melihat potensi ekonomis yang besar dari bisnis budidaya gurame.

Namun, jika Bapak/Ibu memiliki kendala modal dalam sistem operasional dalam mengembangkan budidaya ikan gurame, tenang ada Kabayan!

Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) merupakan produk dari eFishery yang memberikan Bapak/Ibu sarana produksi seperti pakan, yang bisa dibayar setelah panen.

Kabayan membuka akses pinjaman modal usaha ke lembaga finansial bagi Pembudidaya ikan. Pembudidaya bisa mendapatkan pakan dan sarana budidaya lainnya dengan sistem pembayaran tempo.

Tunggu apa lagi? Dengan Kabayan Bapak/Ibu dapat memulai bisnis budidaya impian Bapak/Ibu sekarang juga. Ayo, kembangkan bisnis budidaya ikan gurame Bapak/Ibu bersama eFishery!

Related Post

logo efishery retina

Perusahaan

Gabung di eFishery

eFishery Technoplex

PT Multidaya Teknologi Nusantara

Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198

©2022 eFishery | eFishery is a trademark of PT Multidaya Teknologi Nusantara.