budidaya ikan mujair di kolam terpal

Saat ini, tentunya budidaya ikan mujair menjadi semakin mudah dengan adanya perkembangan teknologi. Bahkan Bapak/Ibu dapat membudidayakannya menggunakan kolam terpal.

Yuk simak selengkapnya cara budidaya ikan mujair kolam terpal.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Ikan mujair merupakan ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sehingga punya peluang yang besar untuk dibudidayakan. Apabila kita kaji, ada beberapa alasan mengapa peluang bisnis budidaya ikan mujair sangat menguntungkan.

1. Harga yang Tinggi

Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki harga tinggi di pasaran. Harga ikan mujair di pasaran berkisar antara Rp25.000- Rp 30.000. 

2. Permintaan yang Tinggi

Ikan mujair memiliki rasa yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, ikan ini juga memiliki manfaat mengatasi obesitas, memperbaiki metabolisme, hingga mencegah kanker.

3. Pemasaran yang Mudah

Ikan mujair menjadi menu yang banyak disajikan di rumah makan dan restoran. Oleh karena itu, jika Bapak/Ibu berbudidaya mujair, Bapak/Ibu dapat menjual hasil produksi langsung ke rumah makan.

4. Dapat Dibudidayakan di Kolam Terpal

Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang dapat dibudidayakan di kolam terpal. Budidaya ikan di kolam terpal ini memberikan beberapa kemudahan, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat diterapkan di lahan minim
  • Pembuatannya praktis
  • Padat tebarnya tinggi
  • Tidak boros air

Kelebihan & Kekurangan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Ternak ikan mujair di kolam terpal tentunya memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan. Bapak/Ibu harus memahami lebih lanjut untuk memutuskan apakah berminat untuk memulai budidaya ikan mujair.

Berikut beberapa kelebihan dalam budidaya ikan mujair di kolam terpal.

Kelebihan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

1. Biaya Investasi Lebih Murah

Ikan mujair dapat dibudidayakan di kolam terpal. Dengan menggunakan kolam terpal, biaya untuk pembuatan kolam akan lebih murah dan praktis dalam pembuatannya, sehingga Bapak/Ibu dapat mulai budidaya dengan cepat. 

2. Tidak Bau Tanah

Berbeda dengan menggunakan kolam tanah, budidaya ikan mujair di kolam terpal tidak akan berbau tanah sehingga lebih disukai oleh para konsumen.

3. Cepat Besar

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang sangat cepat perkembangannya. Oleh karena itu, ikan ini banyak dipilih karena jangka waktu budidayanya yang singkat yaitu selama 5 bulan dengan berat 80-140 gram per ekornya.

Bahkan karena perkembangannya yang cepat, ikan ini dapat mengganggu ikan jenis lainnya. Ikan mujair akan bersifat serakah sehingga dapat menghabiskan pakan dari ikan jenis lain dengan cepat.

4. Adaptasi Lingkungan

Ikan mujair memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Bahkan, ikan mujair mampu hidup dengan kondisi perairan payau dan rentang suhu kolam yang luas. Ikan mujair dapat dibudidayakan pada air tawar hingga air payau dengan ketinggian 1-1000 mdpl dengan rentang suhu 25-30°C.

5. Tidak Cerewet Pakan

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang tidak rewel dalam hal pemberian pakan, sehingga berbagai jenis pakan yang dapat diberikan kepada ikan mujair. Makanya ikan mujair disebut sebagai ikan yang rakus dan serakah. 

Namun, agar pertumbuhan optimal tentunya pakan yang diberikan haruslah pakan yang bernutrisi. Jika Bapak/Ibu ingin mengetahui pakan ikan mujair yang tepat, Bapak/Ibu bisa membacanya .

Walaupun ikan mujair memiliki banyak kelebihan, tidak dapat dipungkiri berbudidaya ikan jenis ini di kolam terpal juga memiliki kelemahannya tersendiri. Berikut beberapa kelemahan ternak ikan mujair di kolam terpal.

Kelemahan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

1. Rawan Bocor

Terpal merupakan material yang rawan mengalami kebocoran. Jika kebocoran ini terjadi, ikan mujair akan mati karena kekurangan air, sehingga pembuatan kolam terpal harus di tempat yang jauh dari benda tajam.

2. Ikan Kurang Nutrisi

Ikan mujair yang dibudidayakan di kolam terpal tidak bau tanah. Namun, ikan dapat terancam kekurangan nutrisi jika tidak mendapatkan pakan yang cukup. Ikan mujair yang dibudidayakan di kolam tanah mendapatkan nutrisi dari ion yang berada di dalam tanah, sedangkan ikan mujair yang dibudidayakan di kolam terpal tidak mendapatkan nutrisi tersebut.

3. Tidak Awet

Budidaya ikan mujair di kolam terpal tidak awet karena bahan kolam terpal mudah rusak, berbeda dengan kolam tanah dan kolam semen yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan, Dijamin Mudah

Tips Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Jika Bapak/Ibu membutuhkan beberapa tips sehingga ternak ikan mujair di kolam terpal dapat sukses, berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

1. Pilih Induk yang Berkualitas

Jika Bapak/Ibu ingin mulai budidaya ikan mujair, carilah benih ikan mujair yang berkualitas. Benih ikan mujair yang berkualitas akan lebih cepat tumbuh dan tahan dari penyakit.

Bibit unggulan ikan mujair memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Usia produktif
  • Sisik tumbuh sehat
  • Sirip tidak cacat
  • Bergerak secara aktif dan lincah

2. Pemberian Pakan yang Baik

Pakan menjadi kunci utama dalam budidaya ikan. Tentunya Bapak/Ibu harus memberikan pakan terbaik agar cepat panen. Ikan mujair dapat diberikan pakan buatan maupun pakan alami.

Jika Bapak/Ibu ingin mempelajari lebih dalam mengenai pakan ikan mujair, Bapak/Ibu dapat membaca artikel berikut tentang tips pemberian makanan ikan mujair.

3. Manajemen Kualitas Air

Manajemen air kolam menjadi salah satu faktor penting keberhasilan budidaya ikan, karena kolam yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang dari penyakit.

Air kolam harus rutin diganti setiap 2-3 minggu. Selain itu, Bapak/Ibu juga harus membersihkan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam. Air yang digunakan bisa diambil dari mata air, sumur, dan air hujan.

4. Panen Ikan Mujair

Ikan mujair dapat dipanen 4-5 bulan sejak pertama kali benihnya ditebar. Saat panen, Bapak/ibu harus melakukannya dengan hati-hati karena ikan yang mati dan cacat akan mendapatkan harga yang lebih murah. Jadi, pastikan ikan Bapak/Ibu tetap segar dan utuh saat dijual.

Belajar Budidaya Ikan Mujair dengan Mudah di eFisheryKu!

Sebelumnya Bapak/Ibu pastinya sudah menyimak peluang usaha budidaya ikan mujair di kolam terpal. Jika Bapak/Ibu ingin memulai budidaya ikan mujair namun masih ingin belajar lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat belajar langsung di eFisheryKu!

eFisheryKu merupakan aplikasi pendukung budidaya ikan dari eFishery. Di eFisheryKu, Bapak/Ibu bisa mendapatkan informasi budidaya ikan, termasuk ikan mujair. Di sini terdapat banyak artikel dan video pembelajaran budidaya dari ahli budidaya yang tentunya dapat menambah pengetahuan budidaya ikan Bapak/Ibu. 

Ayo pelajari lebih dalam budidaya ikan mujair dengan download eFisheryKu di Google Play Store sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Ikan mujair bisa dipanen setelah 4-5 bulan.

Bobot ikan mujair saat panen antara 80-140 gram.

Ikan mujair memiliki harga antara Rp 25.000-30.000.

Related Post