Sukses Cegah Wabah Bersama eFishery Disease Prevention System

efishery 17 hours ago


Program eFishery Disease Prevention System bukan dibuat tanpa dasar & alasan. Kami sering mendengar cerita gagal panen dari Sahabat Pembudidaya udang kami di lapangan. Padahal, budidaya udang vaname atau jenis lainnya adalah sumber pendapatan mereka yang paling diandalkan.



Dilansir dari berbagai media berita di tahun 2018-2020 dan kesaksian para sahabat pembudidaya, penyakit dan wabah udang adalah salah satu alasan terbesar gagal panen udang di Indonesia. Dari situ lah kami merancang program eFishery DPS, yang dibuat khusus untuk mencegah penyakit pada udang melalui pengelolaan air tambak yang terintegrasi. 


Bertemu Pak Bobby, Brand Ambassador eFisheryFarm

eFishery DPS sudah diuji coba di sejumlah tambak di Indonesia dengan hasil yang memuaskan, baik untuk kami maupun untuk Sahabat Pembudidaya kami. Salah satu Sahabat Pembudidaya yang mengetes keampuhan program DPS adalah Bapak Bobby Haerul Anwar, pembudidaya udang asal Subang sekaligus Brand Ambassador eFisheryFarm.



Sebelum berlangganan program DPS, wilayah Subang sempat diserang pandemi kematian dini (EMS) di DOC 20-35. Tak hanya itu, tambak Pak Bobby kerap terjadi blooming plankton ketika memasuki DOC 50 ke atas, ditambah kasus kematian udang ngapas di DOC 70 sampai waktu panen yang diduga disebabkan oleh IMNV (Infectious Myonecrosis Virus). 


Setelah ancaman penyakit datang bertubi-tubi, Pak Bobby & kawan-kawannya di Kelompok Tani Blue Vaname mengikuti program Disease Prevention System dari eFishery. Tim Aquaculture Support eFishery rutin mengecek kondisi air tambak-tambak Kelompok Tani Blue Vaname & memberikan laporan secara berkala. Tim kami juga berdiskusi dengan Pak Bobby mengenai usulan pengelolaan air tambak & bagaimana mencegah wabah sebelum menyerang komoditas udang vaname Beliau.


Hasilnya sangat menggembirakan. Tambak Kelompok Tani Blue Vaname terhindar dari pandemi kematian dini (EMS) yang sempat menyerang. Kasus blooming plankton di tambak Pak Bobby pun tidak terjadi lagi. Terakhir, kematian massal yang terjadi di DOC 70 dapat dihentikan dengan melakukan protokol outbreak dari program DPS. 


Keuntungan lainnya yang dirasakan Pak Bobby setelah mengikuti program DPS adalah peningkatan drastis pada rata-rata pendapatan per m2 sebesar 111.27%. Biaya budidaya beliau pun bisa ditekan, dengan angka rata-rata FCR yang menurun sebesar 0.23, angka rata-rata SR yang meningkat sebesar 14.91%, dan angka produktivitas udang yang meningkat sebesar 1.2 ton/ha.


Mencegah Penyakit Udang dengan DPS

Kisah Pak Bobby bukan satu-satunya cerita sukses Sahabat Pembudidaya yang berlangganan DPS untuk tambak mereka. Dampak perawatan pengawasan ketat kualitas air tambak sangat terasa di bisnis budidaya udang sejumlah pembudidaya di pulau Jawa. 


Program eFishery DPS diluncurkan secara resmi per tanggal 15 April 2021, bersama Gibran Huzaifah, CEO eFishery, dan Pak Bobby Haerul Anwar, Brand Ambassador eFisheryFarm. Dengan peluncuran ini, diharapkan semakin banyak Sahabat Pembudidaya di seluruh Indonesia yang budidayanya aman dari ancaman penyakit & wabah. 


DPS adalah program pencegahan penyakit pada udang yang berfokus pada perawatan kualitas air kolam yang baik. Fasilitas yang Anda dapatkan ketika berlangganan DPS antara lain adalah layanan pengecekan air tambak secara berkala, laporan kualitas air harian dan mingguan, rekomendasi perawatan kolam, dan disinfektan ramah lingkungan untuk perlindungan udang Anda. 



Anda juga akan mendapatkan protokol penanganan wabah atau Outbreak Protokol jika wabah menyerang tambak Anda. Jadi, tambak Anda terlindungi dari semua sisi sehingga Anda tak perlu khawatir!


Kunjungi link ini untuk informasi lengkap seputar eFishery DPS & daftarkan diri & tambak Anda lewat https://dps.efishery.com. Dapatkan promo khusus untuk pendaftaran selama launching program di bulan April 2021!



Sumber: 

- https://www.efishery.com/blog/details/program-pencegah-penyakit-udang 

- https://efishery.com/blog/details/budidaya-udang-atasi-penyakit

- https://efishery.com/blog/details/penyakit-udang-pada-tambak