Carwadi: Melindungi Budidaya Udang dengan eFishery Disease Prevention System

efishery 1 days ago

Udang adalah salah satu komoditas budidaya yang rentan diserang penyakit dan wabah tak terduga. Kerugian yang diderita para pembudidaya udang kadang sampai melumpuhkan perekonomian mereka. Namun, budidaya udang dapat membawa keuntungan yang besar jika dirawat dengan tepat. Hanya pembudidaya cerdik dan bijak yang berani memilih udang sebagai komoditasnya.


Seperti Pak Carwadi, salah satu Sahabat Pembudidaya eFishery di Subang, Jawa Barat. Pilihannya membudidayakan udang bukan tanpa tantangan. Wabah ganas pernah menggagalkan panennya, namun ia tetap bersemangat mengembangkan bisnisnya. Salah satu langkah yang ia ambil untuk menjaga budidayanya adalah dengan mengikuti program eFishery Disease Prevention System.


Dukungan Perlindungan dari eFishery Disease Prevention System

Pada akhir tahun 2019, kami bertemu dengan Pak Carwadi untuk mendiskusikan perkembangan tambak udang miliknya. Beliau tertarik untuk meningkatkan produksi udang sekaligus mengambil langkah pencegahan dan perlindungan bagi ternak udang miliknya. 


Melihat keuntungan penggunaan Aqualisan dan bimbingan yang ditawarkan, Pak Carwadi mulai mengikuti program eFishery Disease Prevention System sejak awal tahun 2020. Beliau juga mulai menggunakan eFisheryFeeder untuk Udang demi meningkatkan efisiensi dan kemudahan pemberian pakan.


Penggunaan eFisheryFeeder untuk Udang dan Aqualisan selama 1 siklus berpengaruh positif terhadap hasil panen Pak Carwadi. Dengan peningkatan Survival Rate (SR) sebanyak 7.72%, hasil panen beliau meningkat sebanyak 10.11%, dengan rata-rata bobot udang  23.16 gr/ekor, naik sebanyak 1.72 gr/ekor. Pemberian pakan pun lebih efektif dan optimal, dengan Feed Conversion Rate (FCR) pada angka 1,43 dari angka awal 1,71.


Ketika budidayanya diserang wabah pada pertengahan tahun 2020, Pak Carwadi siap menanggulanginya, dengan Aqualisan dan dukungan protokol dari eFishery Disease Prevention System. Alhasil, wabah EMS (Early Mortality Syndrome) yang mampu menghabiskan seluruh panennya dapat dibasmi tanpa mengorbankan budidayanya.


Mengenal Sistem Perlindungan untuk Udang

eFishery Disease Prevention System adalah paket program dari eFishery yang dirancang khusus untuk Sahabat Pembudidaya Udang di seluruh Indonesia. Dengan berlangganan program tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas pendukung untuk budidaya udang Anda, seperti pendampingan pembudidayaan, analisis mingguan, dan rekomendasi sistem pemberian pakan. Namun, dua produk paling menguntungkan adalah protokol penanggulangan wabah dan Aqualisan.


Aqualisan adalah disinfektan ampuh dan alami hasil kerja sama eFishery dengan Solvay. Produk inovasi ini dapat melindungi udang dari bakteri jahat, jamur, dan penyakit yang mengancam kesehatan dan kualitas budidaya udang Anda.


Dengan berlangganan eFishery Disease Prevention System, Anda akan mendapatkan panduan dan bantuan seputar pemakaian Aqualisan. Anda juga bisa mendapatkan potongan harga untuk penyewaan eFisheryFeeder, lho!


Hubungi Tim eFishery di nomor 081122200697 atau kunjungi eFisheryPoint terdekat untuk info lebih lanjut.


Ikuti jejak sukses Pak Carwadi dan jadi Pembudidaya yang kuat dan berdaya!