Life Hack Budidaya Udang Vaname ala Pak Ajat Sudrajat

efishery 16 hours ago

Udang vaname (udang vannamei) merupakan salah satu jenis udang yang paling dicari di Indonesia, dan Indonesia adalah negara pengekspor udang nomor 3 di dunia. Ini peluang bagi para pembudidaya udang Indonesia untuk mengembangkan bisnis budidaya udang mereka. Di Jawa Barat, tepatnya di Cikalong, ada seorang pembudidaya yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Beliau adalah Pak Ajat Sudrajat. Dan udang vaname adalah komoditas pilihannya.


Pak Ajat sudah lama berkecimpung di dunia budidaya udang vaname air tawar. Ketika melihat adanya peluang ekspansi, beliau mulai menggunakan eFisheryFeeder untuk Udang sejak tahun 2020 demi mengoptimalkan pemberian pakan untuk komoditasnya.

Budidaya Udang Vaname dengan eFisheryFeeder


Sebelum Pak Ajat menggunakan eFisheryFeeder untuk Udang, beliau membutuhkan waktu hingga 126 hari untuk panen total, dengan ukuran udang 42-45 ekor/kg. Untuk pemberian pakan, beliau dibantu oleh anak kolam yang harus selalu mengawasi kondisi kolam dan siaga untuk pemberian pakan setiap hari.


Semua itu berubah ketika Pak Ajat mulai menggunakan eFisheryFeeder untuk Udang yang mampu membantu beliau mengatur pemberian pakan sesuai dengan situasi kondisi tambak udang vaname miliknya.


Pak Ajat menggunakan sistem budidaya udang vaname intensif, dengan tebaran bibit udang vaname sekitar 250.000 dan padat tebar sekitar 250/m. Budidaya udang vaname di kolam terpal menjadi metode pilihan beliau, dengan pengaturan Advance pada eFisheryFeeder miliknya dan frekuensi pemberian pakan sebanyak 5 kali sehari. Hasil penggunaannya dapat langsung terlihat pada siklus panen pertama.


Efisiensi pakan merupakan salah satu dampak yang sangat terasa oleh Pak Ajat. Dengan pakan 2,5 ton, beliau bisa mendapatkan hasil panen rata-rata 2,1 ton. Feed Conversion Rate (FCR) budidaya udang vaname beliau menjadi semakin efektif, dari angka 1,33 menjadi 1,19!


FCR yang semakin efektif bukan satu-satunya manfaat yang dirasakan Pak Ajat. Hasil budidaya beliau sudah mencapai ukuran panen hanya dalam waktu sekitar 85-an hari, sehingga siklus panen total beliau menjadi lebih singkat.


Karena melimpahnya manfaat dan hasil budidaya, hampir semua kolam Pa Ajat sudah menggunakan eFisheryFeeder untuk Udang. 

Setia #TumbuhBersama dan Berdaya


Kami di eFishery sadar bahwa meski eFisheryFeeder sudah banyak membantu Sahabat Pembudidaya di seluruh penjuru Indonesia, masih ada ruang untuk tumbuh bagi kami dan produk kami. Seringkali ruang tersebut diisi oleh para Sahabat Pembudidaya yang ikut Tumbuh Bersama kami, baik dalam berbudidaya maupun dalam mengembangkan teknologi terbarukan untuk perkembangan dunia Akuakultur.


Sebuah quick life hack ditemukan oleh Pak Ajat untuk penyebaran pakan crumble dengan eFisheryFeeder untuk Udang. Pakan crumble yang cenderung tertahan di sisi container kini bisa turun dengan lancar dengan menggunakan piranti karya Pak Ajat. Beliau menggunakan pipa plastik besar dan styrofoam untuk membuat saluran yang membantu pakan turun ke bilah penyebar pakan.


eFishery sangat bangga bisa Tumbuh Bersama sosok pembudidaya berdaya dan inovatif seperti Pak Ajat.  


Apakah Anda Pembudidaya Berdaya selanjutnya?


Tautan Video Pembudidaya: https://youtu.be/YdoMVLfv1vQ