Hujan Deras, Harus Bagaimana?

efishery 1 days ago

Hujan adalah faktor cuaca yang tak bisa dihindari siapapun. BMKG memprakirakan curah hujan akan terus tidak menentu, membawa kekhawatiran dan ancaman besar untuk para pembudidaya. 


Bagi pembudidaya, curah hujan tinggi sangat mempengaruhi kondisi kolam ikan. Air hujan dapat menurunkan suhu air sekaligus meningkatkan kadar pH air kolam, menyebabkan kolam jadi berbusa di permukaan dan berbau tidak sedap. Air yang asam merupakan lingkungan kondusif untuk pertumbuhan penyakit dan mikroorganisme yang merugikan, sehingga ikan mudah terjangkit penyakit dan terkena wabah.


Air yang asam juga mengakibatkan darah ikan ikut menjadi asam. Keasaman darah ikan berpengaruh pada kemampuannya mengikat hemoglobin. Ketika darah kekurangan hemoglobin, nafsu makan ikan menurun dan kegesitannya pun berkurang. Hal ini juga berpengaruh pada daya tahan telur ikan, sehingga ikan sulit berkembang biak.  Simak skala pH air kolam berikut ini.



1-3

4

5

6

7-8

9

10

11

12-14


Ikan mati

Ikan tidak dapat berkembang biak

pertumbuhan ikan menurun

Ikan tumbuh dengan baik

pertumbuhan ikan menurun

Ikan tidak dapat berkembang biak

Ikan mati




Semua ini mempengaruhi Average Daily Growth (ADG) dan Survival Rate (SR) budidaya. Saat kualitas air kolam menurun, begitu pula nilai ADG dan SR, menimbulkan pertumbuhan yang tidak maksimal, bahkan kematian. 


Kesimpulannya, curah hujan berdampak besar pada hasil panen pembudidaya yang mengandalkan hidupnya pada ikan yang dirawatnya.


Tentu hal ini bisa dihindari dengan langkah penanganan yang tepat dan pengawasan yang ketat. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas air kolam & kesehatan budidaya Anda.


  • Menggunakan penutup keolam untuk mengurangi air hujan yang masuk ke dalam kolam.

  • Memberi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan.

  • Memberi kapur nutrilime atau bonggol pisang untuk menertalkan kadar pH kolam.

  • Memasukkan daun, buah, atau batang pepaya ke dalam kolam untuk mendorong tumbuhnya lumut. Lumut dapat bertindak sebagai obat alami saat dimakan oleh ikan.

  • Menambah garam pada kolam untuk membunuh parasit penyebab penyakit.

  • Saat nafsu makan ikan menurun, kurangi jumlah pakan yang diberikan agar sisa pakan yang tak termakan tidak mengotori kolam

  • Mengganti air kolam yang berkadar asam tinggi dengan air bersih secara berkala


Selalu ingat, kondisi kolam dan ikan dapat berubah secara drastis. Pastikan Anda mengawasi dan mengecek kondisi keduanya secara saksama dan berkala. Mari kita Tumbuh Bersama, selalu sehat tanpa kendala!



Sumber:

Mo, 2017. Tantangan Hadapi Curah Hujan Tinggi yang Ganggu Kondisi Tambak. https://www.isw.co.id/post/2017/02/22/tantangan-hadapi-curah-hujan-tinggi-yang-ganggu-kondisi-tambak 

Surya, 2014. Tips Budidaya Ikan Lele Saat Musim Hujan. http://www.suryamina.com/tips-budidaya-ikan-lele-saat-musim-hujan/

Mustofa, 2017. Tanaman untuk MEningkatkan Kualitas Air. http://skpd.pacitankab.go.id/konten.php?konten=artikel_detail_inc.php&id_artikel=1273&halaman=1&idskpd=3/