Lebih Kenali Ikan Nila

Lebih Kenali Ikan Nila - eFishery

Nila merupakan air tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia setelah ikan mas. Dagingnya yang gurih, tebal, dan memiliki duri yang tidak banyak ini menjadikan permintaan ikan nila cukup tinggi di pasaran. Di luar negeri, ikan nila dikenal sebagai tilapia fish yang sering dikonsumsi dalam bentuk fillet.

Klasifikasi ikan nila adalah sebagai berikut;

Kelas Osteichthyes
Sub-kelas Acanthoptherigii
Ordo Percomorphi
Sub-ordo Percoidea
Family Cichlidae
Genus Oreochromis
Spesies Oreochromis niloticus

 

Budidaya ikan nila di Indonesia banyak dilakukan di kolam tanah, kolam beton, ataupun keramba jaring apung (KJA). Pada habitat aslinya, nila hidup di sungai atau danau. Nila adalah omnivora, sehingga secara alami nila mengkonsumsi plankton, cacing, dan alga. Pada perairan umum, anakan nila sering terlihat mencari makan di bagian dangkal, sedangkan nila dewasa di tempat yang lebih dalam.

Nila mulai memijah sejak umur 4 atau 5 bulan atau ketika panjang badan sudah mencapai 9,5 cm dan berat berkisar 30 – 350 gram. Pembiakan terjadi setiap tahun tanpa adanya musim tertentu dengan interval waktu kematangan telur sekitar 2 bulan. Induk betina yang sudah matang dapat menghasilkan telur antara 250 – 1100 butir atau antara 1-4 butir/gram induk. Ketika waktunya memijah, nila jantan secara naluriah akan membuat sarang berbentuk lubang di dasar perairan yang lunak sebelum mengajak pasangannya untuk memijah.

Nila tergolong sebagai mouth breeder atau pengeram dalam mulut. Telur-telur yang telah dibuahi akan menetas dalam jangka waktu 35 hari di dalam mulut induk betina. Nila betina mengerami telur di dalam mulutnya sekaligus melindungi anak-anaknya yang lemah. Selain itu, jika ada ancaman, anakan nila akan masuk ke mulut induk betina dan akan dikeluarkan begitu situasi telah aman. Setelah berumur 2 minggu, anak betina akan dilepaskan ke perairan.

BACA JUGA  Peran Autofeeder dalam Budidaya Udang
Telur yang dierami di mulut induk nila betina

 

Perbedaan induk jantan dan betina dapat dilihat pada tabel dan foto berikut;

Induk Nila Jantan Induk Nila Betina
Dagu berwarna kemerahan atau kehitaman Dagu berwarna putih
Sirip dada berwarna coklat Sirip dada berwarna kehitaman
Perut pipih dengan warna kehitaman, jika dipijat mengeluarkan cairan Perut berwarna putih dan mengembang. Jika dipijat tidak mengeluarkan cairan.
Alat kelamin berbentuk runcing Alat kelamin berbentuk bulan sabit
Mempunyai 2 buah lubang; anus dan urogenital (urine dan sperma) Mempunyai 3 buah lubang; anus, genital/telur, dan lubang urine

 

Perbedaan Kelamin Ikan Nila Jantan dan Betina
Perbedaan Kelamin Ikan Nila Jantan dan Betina

 

Pertumbuhan ikan nila jantan dan betina dalam satu populasi biasanya sangat berbeda karena pertumbuhan nila jantan 40% lebih cepat dibandingkan betina. Pertumbuhan ikan nila betina akan melambat ketika sudah mencapai ukuran 200 gram, sedangkan nila jantan akan tumbuh pesat. Hal ini akan menjadi kendala dalam memproyeksikan produksi sampai ditemukan teknologi “jantanisasi”; yaitu membuat populasi ikan jantan dan betina maskulin melalui sex reversal. Caranya adalah dengan pemberian hormon 17 alpha-methyltestosteron selama perkembangan larva sampai umur 17 hari. Metode lainnya adalah dengan hibridisasi antarjenis tertentu agar menghasilkan induk jantan super dengan kromosom YY. Induk jantan jika dikawinkan dengan betina kromosom XX akan menghasilkan anakan jantan XY.

Di Indonesia, nila jenis super male ini disebut juga dengan nila strain GESIT atau genetically supermale Indonesia tilapia yang dapat menghasilkan larva jantan dengan kelangsungan hidup sebesar 98%. Selain GESIT, ada banyak strain ikan nila yang dikembangkan balai-balai yang memiliki sifat-sifat unggulan tertentu. Simak selengkapnya di artikel ini.


Sumber:

  • Petunjuk Teknis Pembenihan dan Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (DKP Sulteng).
  • Perbedaan Nila Jantan dan Betina. http://akhmadawaludin.web.ugm.ac.id/perbedaan-nila-jantan-dan-betina/
  • http://benihikan.id/pelatihan-budidaya-ikan-praktek/
  • https://minasejahtera.com/harga-ikan-nila-di-kota-madiun/

 

Bagikan:

Info Terbaru, Tips Budidaya, dan Promo Perikanan

Dapatkan informasi akuakultur terbaru dan promo-promo produk perikanan langsung ke email Anda!

Anda sudah terdaftar :)