Azolla: Protein Nabati Bagi Ikan

Ada banyak jenis pakan alternatif yang bisa dimanfaatkan pembudidaya untuk mengganti (sebagian atau seluruh) pakan pelet pabrikan. Salah satunya adalah tanaman Azolla microphylla, tanaman paku air berukuran 2 cm yang biasanya tumbuh alami di area rawa-rawa atau persawahan.

Azolla, yang kadang disebut “kiyambang” atau “mata lele” ini, dapat diperbanyak juga dengan mudah menggunakan peralatan yang ada. Setelah itu, Azolla segar dapat langsung diberikan pada ikan atau diproses lebih lanjut dengan fermentasi (menjadi tepung Azolla) dan dibuat pelet. Azolla mengandung protein sekitar 30% sehingga cocok untuk pakan ikan lele, nila, gurame, ataupun tawes.

Cara Budidaya Azolla

  1. Siapkan wadah pembiakkan. Idealnya adalah kolam tanah karena menyerupai habitat asli Azolla, tapi ember, nampan, atau kolam terpal dapat digunakan sebagai wadah.
  2. Pada wadah selain kolam tanah, campurkan tanah dan pupuk kandang (70% : 30%) dengan ketebalan sekitar 5 cm. Pupuk kandang dapat diganti dengan bahan alami yang memiliki fungsi sama, seperti MOL (mikroorganisme lokal).
  3. Isi wadah pembiakkan dengan air dengan ketinggian 5 – 15 cm dari media tanah di bawah.
  4. Biarkan selama 2 minggu sampai pupuk terfermentasi dengan baik (ditandai dengan hilangnya bau amonia)
  5. Tebar bibit Azolla sebanyak 50 – 70 gr/m2.Pastikan Azolla dalam wadah pembiakkan terpapar sinar matahari cukup.
  6. Diamkan sekitar 2 minggu sambil menjaga ketinggian air (jangan sampai kering).
  7. Azolla siap dipanen.
  8. Untuk pemberian langsung, Azolla sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu agar mengurangi kandungan airnya (tapi tidak dijemur), baru kemudian diberikan pada ikan.

Saat ini cukup banyak penjual bibit Azolla sehingga sahabat pembudidaya sekalian dapat membelinya dengan mudah. Salah satu penjual membanderol bibit Azolla-nya dengan harga Rp 100.000 per 2 kg.

Proses lebih lanjut dengan fermentasi bertujuan untuk menurunkan serat kasar pada Azolla sehingga akan lebih mudah dicerna ikan.

 

BACA JUGA  Indikator Kualitas Air

Cara Fermentasi Azolla

  1. Bahan yang diperlukan adalah Azolla segar, dedak/bekatul, dan tepung ikan dengan perbandingan 70 : 20 : 10. Campurkan bahan tersebut secara merata.
  2. Tambahkan biang Trichoderma sebanyak 10 gram untuk 1 kg bahan tersebut. Anda bisa juga menggunakan probiotik EM4 dan tetes tebu. Untuk fermentasi menggunakan EM4, Azolla disemprot terlebih dahulu dengan campuran probiotik EM4 dan tetes tebu, baru kemudian dicampur dengan tepung dan dedak.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam plastik atau karung kedap air, ikat sampai rapat.
  4. Diamkan agar terjadi proses fermentasi selama 3-4 hari (atau bisa sampai 7 hari).
  5. Campuran fermentasi Azolla dapat langsung diberikan sebagai pakan atau dibentuk pelet menggunakan mesin.

 

Hitung Untung dengan Pakan Azolla

Beberapa pembudidaya sudah mempraktekkan pemberian Azolla ini pada ikannya. Hasilnya, biaya produksi terbukti bisa ditekan sampai sekitar 20%. Menurut apa yang dialami Suminto, peternak lele di Banjarnegara, beliau bisa menghemat biaya pakan sebesar 2,2 juta. “Untuk mencapai ukuran konsumsi ‘sekilo 8’, memerlukan 1300 kg pelet Azolla dengan harga Rp 6.000/kg (Rp 7,8 juta/siklus). Sedangkan jika menggunakan pelet pabrikan yang harganya Rp 10.000/kg, diperlukan 1000 kg, maka per siklusnya dikeluarkan Rp 10 juta,” jelasnya.

Masih di Banjarnegara, Udiono pembudidaya nila membuktikan bahwa menggunakan pakan Azolla dapat menurunkan FCR menjadi 0,9. Ada pula pembudidaya lele di Palu yang berhasil menekan biaya produksi sampai 40% dengan menggunakan Azolla segar sebagai pengganti penuh pakan pabrikan.

Variasi praktek budidaya seperti di atas tentu tidak langsung menuai sukses, yang terpenting adalah terus mencoba dan menerapkan yang terbaik bagi budidaya masing-masing. Apakah Anda siap mencoba?


SUMBER

Berita penggunaan Azolla:

http://www.bibitikan.net/gunakan-rumput-azolla-petani-lele-palu-menghemat-40-persen-biaya-produksi/
http://kolamazolla.blogspot.co.id/2014/12/pelet-azolla-menghemat-pakan-pabrikan.html
http://www.trobos.com/detail-berita/2014/05/15/15/4545/kombinasi-pelet-%E2%80%93-azolla-tekan-biaya-pakan

Bagikan:

Info Terbaru, Tips Budidaya, dan Promo Perikanan

Dapatkan informasi akuakultur terbaru dan promo-promo produk perikanan langsung ke email Anda!

Anda sudah terdaftar :)