Pasar Ikan Modern Pertama di Indonesia Segera Hadir

Pada tanggal 8 Februari 2018 lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan beberapa pejabat lainnya menghadiri upacara groundbreaking pembangunan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara.

Pasar ikan modern pertama di Indonesia ini mengusung konsep “one stop shopping”, dengan menyediakan berbagai pelayanan seperti aneka ragam ikan dengan berbagai varian olahan ikan. Fasilitas yang dimiliki antara lain chiling room, ice storage, layanan perbankan, klinik kesehatan, wisata kuliner, laboratorium, masjid, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah. Dengan berbagai layanan dan fasilitas yang dimiliki, diharapkan mampu mengubah persepsi masyarakat Indonesia mengenai pasar yang kumuh dan kotor.

Pasar Ikan Modern Muara Baru yang terletak di Jakarta Utara ini akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar, dengan 2 lantai yang terbagi untuk lokasi pasar basah di lantai bawah dan pusat kuliner pada lantai atas. Pembangunan akan dilaksanakan selama satu tahun oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan (persero) tbk, dan ditargetkan akan rampung pada Desember 2018.

Program pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan ini juga berencana untuk membangun pasar modern di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Palembang, dan Surabaya. Melalui pembangunan pasar modern, diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi pasar dan berdampak pada peningkatan konsumsi ikan di Indonesia.

Pasar Ikan Modern di Indonesia Segera Hadir - eFishery

“Kalau kita bersihkan pasar, masyarakat akan senang makan ikan. Dengan pasar ikan modern, saya yakin akan bisa meningkatkan  kesukaan minat dan masyarakat untuk datang dan beli,” ujar Susi saat upacara groundbreaking Pasar Muara Baru, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Saat ini angka konsumsi masyarakat Indonesia berada di angka 46,7 kilogram per kapita per tahun, diharapkan pada akhir tahun 2018 akan meningkat mencapai 53 kilogram per kapita per tahun.

Dengan upaya pembangunan pasar modern di Indonesia, kesempatan perikanan di Indonesia akan semakin besar. Direktur Utama PT Perindo, Risyanto Suanda sebagai pengelola Pasar Muara Baru menyatakan bahwa melalui pembangunan pasar modern, produk perikanan akan naik ke level yang lebih tinggi. Keberadaan pasar modern akan mampu meningkatkan volume penjualan ikan di tingkat nasional. Hal tersebut akan membuka peluang bagi para nelayan dan pembudidaya ikan untuk memasarkan hasil yang dimiliki lebih baik lagi.

Sumber:

Bagikan:
BACA JUGA  Atasi Aeromonas dengan Bawang Putih

Info Terbaru, Tips Budidaya, dan Promo Perikanan

Dapatkan informasi akuakultur terbaru dan promo-promo produk perikanan langsung ke email Anda!

Anda sudah terdaftar :)