Intip 5 Program KKP untuk Tahun 2018

Initip 5 Program KKP di Tahun 2018

Pada acara sosialisasi program KKP untuk tahun 2018 Selasa lalu (12/12), Slamet Soebjakto selaku Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) memaparkan beberapa program KKP, utamanya untuk meningkatkan volume produksi. Upaya ini berlaku baik bagi perikanan budidaya maupun tangkap.

Di tahun 2017, KKP memiliki target produksi sebesar 19 juta ton dengan 7 juta ton dari komoditas ikan. Realisasinya, produksi ikan hampir mencapai 7 juta ton sehingga KKP tetap optimis bahkan meningkatkan target produksi ikan menjadi 9 juta ton di tahun 2018. Jika digabungkan dengan target produksi rumput laut, maka total target produksi di tahun 2018 menjadi 22 juta ton. Rumput laut dinilai sebagai komoditas akuakultur yang juga naik daun setiap tahunnya dengan terlihatnya banyak petani yang mulai melirik budidaya rumput laut.

Program pengadaan infrastruktur dan modal adalah kunci untuk mencapai target tersebut. Oleh karenanya, KKP mencanangkan rencana-rencana di antaranya;

  • Bantuan benih

KKP akan memberikan bantuan benih ikan sebanyak 200 juta dan bibit rumput laut sebanyak 200 unit.

  • Bantuan mesin

Pengembangan mesin untuk menggenjot produksi pakan juga menjadi perhatian. Satu unit mesin pakan apung untuk ikan berkapasitas 500 – 1000 kg per jam akan dibuat. Selain itu, ada pula mesin pencetak dengan kapasitas 200 kg per jam.

  • Lele bioflok

Di tahun 2017, adanya sistem bioflok yang didorong oleh KKP telah berhasil menaikkan produksi lele. Dinilai efektif, di tahun mendatang, KKP akan mengembangkan lagi budidaya lele sistem bioflok ini sebanyak 300 paket.

  • KJA

Selain bioflok, metode budidaya menggunakan keramba jaring apung (KJA) pun mulai ditingkatkan kembali dengan pengadaan 300 paket KJA. KJA lepas pantai yang berada di Sabang, Pangandaran, dan Kepulauan Karimunjawa yang sudah dimulai akhir tahun ini juga akan menjadi perhatian di tahun depan.

  • Infrastruktur perikanan tangkap

Khusus perikanan tangkap, KKP akan menyalurkan bantuan kapal sebanyak 513 unit dan mesin kapal di bawah 10 gross tonage sebanyak 1000 unit. Di samping itu, alat penangkapan ikan juga disediakan sebanyak 1702 paket.

Dikatakan Sjarief Widjaja, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), di kesempatan yang sama pula, target produksi perikanan tangkap juga akan ikut naik di tahun 2018. Jika tahun 2017 ini targetnya sebanyak 7,8 juta ton, tahun depan Sjarief optimis dapat mencapai angka 9,45 juta ton.

Sosialisasi Program KKP 2018 di Ballroom KKP tanggal 12-13 Desember 2017

 

BACA JUGA  Kartini Perikanan

Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini juga dipaparkan program-program lainnya untuk mendukung pertumbuhan perikanan dari berbagai sektor. Di antaranya mengenai transparansi pengadaan barang dan jasa, serta pemberian asuransi bagi nelayan dan petani.


Sumber:

Jurus KKP menyuburkan produksi perikanan 2018. http://nasional.kontan.co.id/news/jurus-kkp-menyuburkan-produksi-perikanan-2018

KKP Inisiasi Teknologi KJA untuk Budidaya Laut Lepas. https://www.pertanianku.com/kkp-inisiasi-teknologi-kja-untuk-budidaya-laut-lepas/

Ini Cara KKP Buka Peluang Bisnis. http://nusakini.com/news/ini-cara-kkp-buka-peluang-bisnis

 

Bagikan:

Info Terbaru, Tips Budidaya, dan Promo Perikanan

Dapatkan informasi akuakultur terbaru dan promo-promo produk perikanan langsung ke email Anda!

Anda sudah terdaftar :)