Ancaman Kepunahan Ikan Endemik di Sungai Musi

Pemerintah Kota Palembang telah merencanakan untuk membuat peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang pengelolaan ikan endemik yang berada di Sungai Musi, Sumatra Selatan. Perda tersebut juga merupakan salah satu permintaan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pasalnya, ikan asli Palembang seperti ikan belida, baung, dan nilem ini jumlahnya kian hari kian mengkhawatirkan.

Kelangkaan ikan asli kota Palembang ini mulai terjadi karena tidak ada kebijakan yang mengatur tentang batas-batas penangkapan ikan tersebut. Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan bahwa jika ikan ini setiap hari ditangkap tanpa ada upaya penyangga stok, maka dipastikan beberapa tahun ke depan bisa hilang. Jika ikan endemik ini punah, bisa jadi ikon kota pun hilang. Ikan belida (Chitala lopis) contohnya, keberadaannya sangat penting karena menjadi bahan baku utama pempek yang menjadi penangan khas Palembang. Akan tetapi penangkapan ikan belida saat ini tidak seimbang dengan keberadaannya yang semakin lama semakin sedikit. Sudah menjadi rahasia umum jika praktek penangkapan ikan belida yang berlebihan selama bertahun-tahun menyebabkan berkurangnya spesies ikan berkepala unik ini.

Upaya KKP dalam menghadapi masalah ini adalah memulihkan jumlah (restocking) dengan menebar benih-benih ikan endemik di Sungai Musi. Sejumlah 450 ekor bibit ikan belida, 240.000 benih ikan nilem, dan 20.000 benih ikan baung ditebar. Diungkapkan Slamet bahwa KKP memiliki tanggungjawab untuk melestarikan ikan endemik ini. “Kami punya UPT yakni BPBAT Jambi yang punya peran untuk perbanyakan stok ikan lokal termasuk ikan belida dan nanti akan lebih banyak untuk restocking,” ujarnya. Selain Jambi, kota Sukabumi juga sudah berhasil melakukan pembenihan ikan belida.

Di samping restocking, Slamet berharap pemerintah setempat melakukan kebijakan yang mengatur perlindungan sumber daya alam Sungai Musi ini. Salah satunya dengan mengatur jadwal penangkapan ikan-ikan endemik agar tidak terjadi overfishing. Walikota Palembang Harnojoyo sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh KKP ini dan berjanji akan membuat perda demi keberlanjutan ikan-ikan asli daerahnya tersebut. Keduanya sepakat untuk menghimbau masyarakat untuk ikut menjaga dan mengelola kelestarian ikan endemik.

BACA JUGA  Pakan Mandiri dari Sampah Organik

Sumber:

  • http://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/15/211200526/pulihkan-ikan-endemik-kkp-tebar-260.000-benih-ikan-di-sungai-musi
  • http://palembang.tribunnews.com/2017/12/14/260-ribu-benih-ikan-air-tawar-ditebar-di-sungai-musi-palembang-salah-satunya-ikan-belida
  • https://alamendah.org/2010/12/10/pengertian-spesies-asli-endemik-dan-introduksi/
  • http://gemawirausaha.blogspot.co.id/2012/12/pembenihan-ikan-belida-bangkok.html
Bagikan:

Info Terbaru, Tips Budidaya, dan Promo Perikanan

Dapatkan informasi akuakultur terbaru dan promo-promo produk perikanan langsung ke email Anda!

Anda sudah terdaftar :)